Salah satu sistem bagian pada mobil yang kurang diperhatikan padahal ini sangat vital, setiap mobil dilengkapi dengan wiper dan washer. wiper adalah sarana untuk membersihkan kaca dengan sebuah tuas bergerak ke kanan dan kekiri untuk membersihkan kaca depan mobil anda.Untuk pelengkapnya washer berfungsi untuk memberikan air agar saat wiper bergerak semua kotora ikut tersapu bersama air.Hasilnya kaca depan kendaraan akan bersih kembali dan pandangan jelas terhadap jalan.

Apa yang terjadi jika washer tidak bisa bekerja dalam hal ini tidak bisa menyemprotkan air ke kaca.Bisa jadi air didalam tampungan washer kosong sehingga air tidak bisa keluar.Selang yang putus atau tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar ke nozzle untuk menyemprotkan air ke kaca.

Terakhir adalah motor wasger itu sendiri,bahwa dilengkapi dengan motor washer untuk mendorong agar air dapat bertekanan dan mampu naik ke kaca depan mobil dengan berupa butiran air kecil yang dapat menyebar ke seluruh bagian kaca depan.Sehingga wiper akan menyapu bersih semua kotoran yang menempel di kaca mobil.

Untuk memeriksa motor washer dengan menggunakan ohm meter,periksa tahanan kumparan motor washer apakah masih tersmbung atau tidak.Jika tidak ada continuitas maka kemungkinan motor washer pada kumparanya putus sehingga harus ganti motor washer.

Periksa juga tegangan yang ada pada socket yang masuk ke motor washer sebesar 12 volt,jika tidak ada kemungkinan bisa dari fuse,switch washer atau wiring harnes yang mengalami kerusakan.Periksa satu persatu darimana asal penyebab  kerusakan tersebut.

anpa adanya air yang ada di dalam wadah wiper, air hujan yang kotor dan debu akan menempel dan susah sekali hilang. Jika wiper dipaksa untuk bekerja, akibatnya kaca mobil akan kotor dan akan membuat pandangan anda terganggu. Untuk itu, anda harus rajin mengecek air yang ada di wadah wiper dan harus rajin merawatnya.

Selain harus memperhatikan perawatan pada air wiper, anda juga harus rajin merawat bagian saluran atau jalur pada wiper. Hal ini bertujuan supaya semprotan wiper tidak lemah dan terganggu kinerjanya. Namun, tetap saja akan ada permasalahan yang timbul seperti

PENYEBAB LEMAHNYA SEMPROTAN WIPER

  1. Jumlah cairan washer di reservoir kurang / habis

Reservoir washer berfungsi untuk menampung cairan washer. Saat cairan washer di reservoir habis, maka motor washer hanya akan memompa udara, sehingga yang keluar dari nozel washer hanyalah udara.

  1. Kebocoran pada reservoir washer

Reservoir washer berfungsi untuk menampung cairan washer dalam jumlah tertentu. Pada saat terjadi kebocoran pada reservoir washer, cairan akan berkurang. Kebocoran dapat disebabkan karena reservoir pecah,seal motor washer rusak dan lain-lain.

  1. Kebocoran pada selang fleksibel

Selang washer menghubungkan antara motor washer dan nozel washer. Selang ini terbuat dari bahan plastik yang fleksibel. Saat terdapat kebocoran pada selang, misalkan terlipat atau digigit tikus, cairan washer tidak akan sampai ke nozel washer saat motor washer dioperasikan.

  1. Nozel washer tersumbat

Nozel washer berfungsi untuk menyemprotkan cairan washer ke kaca depan mobil. Nozel washer mempunyai lubang yang kecil, agar semprotannya menjadi partikel kecil dan menyebar ke permukaan kaca. Pada beberapa jenis mobil, ketika semprotan cairan dari nozel washer tidak terarah dengan benar atau tersumbat, dapat dilakukan penyetelan. Tetapi beberapa jenis mobil yang menggunakan nozel washer jenis fludics spray, ketika tersumbat harus diganti dengan part baru.

 

  1. Kerusakan pada motor washer

Motor washer berfungsi untuk memompa cairan washer dari reservoir ke nozel washer. Saat switch washer dihidupkan, motor washer akan bekerja. Jika terjadi kerusakan pada motor washer tersebut, motor berhenti dan cairan washer tidak dapat dialirkan ke nozel washer.

  1. Kerusakan pada sirkuit motor washer

Motor washer dapat bekerja jika ada arus listrik yang mengalir. Saat ada kerusakan pada rangkaian motor washer maka arus tidak dapat mengalir dan motor washer tidak bekerja. Kerusakan bisa berupa sekering putus, kabel putus, konektor kendor dan sebagainya.

  1. Kerusakan pada switch washer

Saat switch washer mengalami kerusakan, arus listrik tidak dapat mengalir ke motor washer. Akibatnya, motor washer tidak bekerja , dan cairan washer tidak keluar dari nozel washer.

 

beberapa langkah berikut ini adalah untuk mengatasi air wiper tidak keluar.

  1. Periksa tabung air wiper, apakah terisi cukup air? jika kosong maka segera diisi dan coba hidupkan semprotan air wiper.

2.Jika belum keluar juga, periksa lubang keluar air. siapa tahu mampet oleh kotoran atau diterjen cuci mobil yang sudah mengering. jika mampet, bersihkan dengan menggunakan jarum pentul atau jarum lain. Coba test lagi, apakah sudah keluar air?

  1. Masih belum juga keluar airnya? periksa selang saluran dari tangki air dengan meniup secara manual. apakah lancar? test kembali.
  2. jika masih belum juga keluar air, nyalakan pompa air wipernya dan coba dengarkan. apakah terdengar bunyi pompa wiper bekerja? jika tidak terdengar, copot pompa wiper dari tangki airnya dan di bongkar. jangan terburu-buru untuk mengganti pompa air wiper, karena biasanya pompa wiper mati bukan karena rusak, bisa saja karena tersumbat kotoran dan kita cukup membersihkannya saja. setelah dibersihkan, jangan dulu dipasang di tangki. sebaiknya test dulu langsung dari strumm accu, apakah pompa sudah bekerja normal? jika belum, maka pompa harus diperbaiki atau diganti (terserah kocek gak sampai 100 rb-an).
  3. bisa juga kabel kelistrikan tidak tersambung dengan pompa, periksa juga kabelnya (kadang sambungan kabel untuk komponen ini terlihat asal.

Nah,itu dia penyebab dan cara mengatasi agar mengatasi air wiper yang tidak keluar.semoga bermanfat

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here