Penyebab mobil Injeksi Boros Bahan Bakar

Hasil gambar untuk mobil injeksi

 

  1. Filter Udara Yang Kotor

Penyebab mobil boros bisa disebabkan karena filter udara yang memang kotor sehingga dapat menghambat aliran udara yang menuju ruang pembakaran. Tentu saja hal ini akan berpengaruh oada proses pembakaran yang menjadi kurang maksimal. Gejala umum yang biasanya sering terjadi adalah mobil bunyi ngelitik.

  1. Kerak Yang Menempel Di Dalam Ruang Mesin

Kerak yang menempel dan menumpuk di dalam ruang mesin memang menajdi masalah yang sulit sekali dihindari, apalagi jika kondisinya memang parah akan menyebabkan ruang bakar menjadi menyempit dari kondisi normalnya. Hal ini akan berpengaruh pada proses pembakaran yang menyebabkan tenaga mesin berkurang tidak sebanding dengan kondisi normalnya.

  1. Lubang Nozzle Injektor Tersumbat

Penyebab mobil injeksi boros BBM lainnya dapat disebabkan karena tersumbatnya lubang nozzle injektor. Desain lubang nozzle injektor memang agak kecil sehingga rentan sekali tersumbat. Jika sampai kondisinya tersumbat maka akan menyebabkan suplay bahan bakar menjadi terganggu serta efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi berkurang.

  1. Piston Dan Ring Piston Yang Mulai Aus

Kerja piston dan ring piston yang terlalu keras bukan tidak mungkin menyebabkan komponen-komponen menjadi mulai terkikis. Efeknya akan menyebabkan kompresi kendaraan semakin berkurang yang berakibat peforma mobil menjadi menurun. Kompresi mesin yang menjaid rendah akan menyebabkan tarikan mesin melambat dan tenaga mesin kurang bertenaga.

  1. Masalah Pada Air Radiator

Masalah yang terjadi pada radiator juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boeos. Jika sampai air radiator masuk hingga ke dalam ruang bahan bakar maka akan menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga yang menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin boros.

  1. ECU Mobil dan Sensor Injeksi Yang Bermasalah

Mobil yang menjadi boros serta tidak bertenaga juga seringkali disebabkan masalah yang terjadi pada ecu mobil dan sensor injeksi. Misalnya saja sensor suhu mesin yang menjadi rusak dikarenakan tidak sesaui standar sehingga menyebabkan minsfire atau ckp sensor bermasalah.

  1. Mesin Overheating 

Mesin mobil yang mengalami panas berlebihan atau overheating juga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi boros BBM. Penyebab mesin mobil panas biasanya dapat terjadi karena kerja sistem pendingin yang tidak optimal sehingga komponen-komponen di dalam mesin memuai berlebihan. Biasanya ini terjadi pada komponen piston atau silinder sehingga menyebabkan terjadinya gesekan yang besar. Hal ini akan membuat mesin menjadi berat dan lambat serta tenaga mesin menjadi berkurang.

Cara Menjaga Mobil Injeksi Agar Tetap Hemat BBM

Ada beberapa cara untuk memastikan mobil injeksi tetap hemat BBM, di antaranya adalah:

Rajin Melakukan Perawatan Berkala
Ada beberapa perawatan berkala pada mobil yang bisa anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Service berkala pada KM tertentu
  • Tune Up mobil setiap 6 bulan atau 12 bulan sekali
  • Pengecheckan kualitas spare part pada mobil
  • Mengganti spare part yang memang sudah layak diganti

Dengan melakukan perawatan berkala, mobil injeksi tidak hanya akan lebih irit, namun juga tetap nyaman dikendarai hingga lebih dari 20 tahun. Luar biasa.

Hindari Hal-Hal yang Dapat Merusak Kinerja Mesin
Ada banyak hal yang sadar ataupun tidak, nyatanya dapat merusak kualitas mesin mobil. Seperti yang kita tahu, kinerja mesin yang tidak optimal, dapat menyebabkan mobil injeksi jauh lebih boros.

Adapun beberapa hal yang merusak kinerja mesin antara lain:

  • Penggunaan bahan bakar beroktan rendah
  • Asal dalam memilih oli untuk mesin mobil
  • Penggunaan air biasa sebagai coolant radiator
  • Tidak segera menservice mobil ketika kinerja mobil terasa ada masalah

Penggunaan Alat Hemat BBM Mobil
Itulah beberapa penyebab, solusi, dan cara mencegah masalah pada mobil injeksi yang boros bahan bakar. Namun jika anda ingin mengoptimalkan penggunaan bahan bakar, anda bisa menggunakan alat penghemat BBM, diantaranya:

  • JS One
    Merupakan sebuah volt stabilizer yang berguna untuk mengoptimalkan kelistrikan mobil. Dengan kelistrikan yang lebih stabil, penggunaan bahan bakar akan lebih efisien.
  • R-Project
    Bekerja sebagai aki mobil kedua untuk mobil anda. Dengan penggunaan R-Project, suplay kelistrikan mobil akan meningkat 2 kali. Namun meningkatnya suplay kelistrikan tersebut tidak disertai dengan peningkatan konsumsi BBM. Dengan demikian, R-Project adalah alat hemat BBM yang tergolong sangat canggih.

Piggyback Pro
Selain kedua alat di atas, anda juga dapat mencoba untuk mensetting ECU mobil dengan metode Piggyback Pro. Piggyback Pro adalah sebuah penyetingan ECU yang memformat kerja mesin dalam hal:

  • Efisiensi penggunaan bahan bakar
  • Tingkat akselerasi mobil
  • Unlock power maksimal sebuah mobil
  • Dan Menambah kecepatan mobil

Itulah beberapa penyebab mobil injeksi boros BBM dan bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jika anda memiliki kritik, saran, dan pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here