Mengendarai mobil dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit tentu jadi dampaan semua orang. Tapi pernahkah Anda walau sudah menerapkan gaya berkendara hemat BBM dan jarang memacu kencang mobil tapi tetap saja bensin terasa lebih boros?

Mungkin saja mobil Anda mengalami salah satu hal berikut ini. Sebab, jika gaya mengemudi tak agresif tapi ada komponen mobil yang bermasalah maka konsumsi BBM bisa jadi boros.

  1. Filter udara kotor
    Jika hal ini terjadi, menyebabkan terjadinya hambatan suplai oksigen ke mesin. Hal ini dapat menurunkan performa mobil karena timbulnya gejala ngelitik (knocking).
  2. Tersumbatnya lubang nozzle injektor
    Hal ini terjadi karena jarangnya servis berkala atau penggunaan BBM yang kurang bagus. Tanda-tandanya, saat pedal sudah diinjak cukup dalam tapi mobil enggan berlari kencang.
  3. Piston dan ring piston
    Bila komponen ini terkikis maka kompresi ruang bakar pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.
  4. Ban kurang angin
    Cukup sepele tapi berdampak sangat merugikan, karena tapak ban melebar yang disebabkan kurangnya angin maka beban mobil semakin besar dan efeknya bensin jadi boros.
  5. Posisi gigi tak sesuai
    Jika mobil Anda bertransmisi manual, pastikan selalu pindahkan gigi pada putaran mesin yang sesuai. Jangan biarkan mesin sering menderu terlalu lama. Saat menanjak juga biasakan pakai posisi gigi yang proper.
  6. Barang bawaan terlalu berat
    Mulailah keluarkan barang bawaan yang tak perlu ada di mobil. Walau terlihat kecil, tapi jika jumlahnya banyak pastinya bobotnya akan jadi beban mesin. Belum lagi jika Anda mengangkut penumpang.
  7. Gaya mengemudi agresif
    Jika Anda kerap menekan pedal gas dalam-dalam dan gemar berakselerasi secara spontan maka jangan harap mendapatkan konsumsi BBM yang efisien. Bijaksana lah dalam menekan pedal gas dan pastikan gigi transmisi dalam posisi yang benar dan sesuai putaran mesin.

Setelah mengetahui penyebab bahan bakar boros anda juga harus mengetahu bagaimana tips agar kendaraan anda tidak boros bahan bakar

  1. Kemudikan Kendaraan Sesuai Batas Kecepatan yang Ditentukan
    Cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan. Efisiensi BBM mobil Anda akan menurun drastis seiring dengan penambahan kecepatan mobil Anda.

2,Atur Putaran Mesin

Laju putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah secara konstan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Putaran mesin yang ideal adalah sekitar 3.000 rpm.

3.Jaga Jarak dengan Kendaraan di Depan Anda

Anda akan menghemat BBM jika Anda menjaga jarak dan tidak menempel pada kendaraan di depan Anda, karena jika Anda harus mengerem mendadak kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula, pengereman dan penekanan pedal gas akan jauh lebih memboroskan BBM.

4.Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Jika Anda menekan pedal gas secara mendalam dengan cepat setelah mengurangi kecepatan, konsumsi BBM akan lebih besar.

 5.Gunakan Gigi yang Tepat

Mengemudikan mobil dengan gigi rendah secara terus-menerus atau dengan gigi tinggi saat melintasi daerah berbukit atau menanjak akan memboroskan bahan bakar.

  1. Hindari Berhenti Dalam Kondisi Mesin Menyala Dalam Waktu Lama
    Jika Anda berhenti selama lebih dari satu menit, mematikan mesin akan menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu untuk mobil baru hanya perlu dipanaskan selama beberapa detik saja sebelum pemakaian.

7,Tetap Gunakan AC

Tips ini lebih cocok untuk mobil baru karena efek penggunaan AC pada mobil baru tidak terlalu berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Malah apabila jendela dibuka akan menimbulkan hambatan angin yang lebih besar dan justru memperlambat laju mobil Anda sehingga Anda akan mengkompensasikannya dengan menekan pedal gas lebih dalam dan dengan begitu lebih menguras BBM.

8.Parkir ditempat Teduh

Alasan ilmiahnya adalah jika mobil Anda lebih sejuk, penguapan bahan bakar akan lebih sedikit.

9.Hindari kemacetan dan cuaca Buruk

Kemacetan dan cuaca buruk seperti hujan akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Pada cuaca buruk, hambatan angin dapat memperlambat kendaraan Anda sehingga Anda lebih banyak memainkan pedal gas. Begitu pula jika lalu lintas macet. Anda harus berhenti, jalan kembali, pindah lajur, yang semuanya mengakibatkan pemborosan BBM.

  1. Matikan Semua Perangkat Elektronik dan AC Sebelum Mematikan Mesin
    Jika Anda mematikan semua perangkat sebelum mematikan mesin, maka saat Anda menyalakan mesin kembali, jumlah bahan bakar yang terpakai akan lebih sedikit karena beban lebih ringan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here