Masalah mobil yang tidak bisa distarter mungkin bisa menjadi masalah yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak, pengemudi yang starter mobilnya tidak bisa menyala pasti akan terhambat kegiatannya. Apalagi jika masalah ini terjadi ketika pengemudi sedang berada di perjalanan. Starter yang bermasalah juga merupakan salah satu penyebab mobil mogok mendadak dan juga salah satu penyebab Xenia mogok.

Mobil jenis apapun berpotensi mengalami masalah starter. Misalnya mobil injeksi susah distarter, Honda Jazz tidak biasa distarter dan termasuk Honda Mobilio Tidak Bisa Distarter. Honda Mobilio adalah salah satu mobil yang menjadi pilihan banyak orang Indonesia.

Jika Anda memiliki Honda Mobilio, mengetahui penyebab dan cara mengatasi Honda Mobilio Tidak Bisa Distarter akan sangat membantu. Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab Mobilio Tidak Bisa Distarter

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan starter mobil mobilio sulit untuk dinyalakan. Penyebabnya ssebenarnya tidak jauh berbeda dari penyebab starter mobil bunyi cetek cetek pada mobil-mobil jenis lainnya. Dilansir dari laman www.autozone.com, starter mobil yang bermasalah dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Socket Atau Stopkontak yang Kendur

Socket yang kendur bisa menyebabkan mobil Anda tidak bisa di starter. Hal ini pada umumnya ditandai dengan ketiadaan suara dari dinamo starter. Inilah yang menjadi ciri utama socket atau stopkontak starter mobil Anda bermasalah. Lakukanlah pengecekan dan perbaikan agar socket tersebut bisa kembali ke posisi semula, sehingga kunci kontak Anda akan berfungsi seperti sebelumnya.

2. Kerusakan Gear

Kontak yang tidak benar antara starter ring gear dan pinion gear akan menyebabkan gerigi-gerigi gear mengalami kerusakan yang parah. Hal ini biasanya disebabkan karena salah menyalakan saklar starter. Atau karena usaha yang terlalu keras untuk menyalakan starter meskipun mesin mobil sudah menyala.

3. Baut yang Kendur

Kapanpun starter Anda mengalami masalah yang berkenaan dengan suara bising yang dihasilkan, segeralah periksa baut pada starter. Suara bising yang dihasilkan mungkin timbul karena pemasangan baut yang tidak benar.

4. Oli/Cairan yang Merembes

Adanya oli, minyak ataupun korosi merupakan tanda bahwa ada kebocoran pada kendaraan. Cairan-cairan yang bocor ini dapat mengganggu komponen kendaraan lain dan mesin pembakaran starter. Kebocoran harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum mesin starter diganti.

5. Kabel Koneksi Listrik yang Kendur

Ketika kabel koneksi listrik yang menghubungkan baterai dengan starter kendur atau tidak kuat, maka kemungkinan starter akan terbakar. Inilah yang merupakan salah satu penyebab korsleting pada mobil.

6. Sambungan (Terminal) yang Meleleh

Menstarter mobil selama 10 hingga 12 detik dapat menyebabkan kerusakan pada sambungan listrik starter. Hasilnya, sambungan bisa memanas hingga meleleh.

Dikutip dari sumber lainnya yaitu otomotifnet.gridoto.com, ada sebab-sebab lain starter mobil tidak bisa menyala, diantaranya:

7. Masalah Busi

Busi akan bermasalah jika salah satu bagian yang ada di dalamnya mengendapkan banyak kotoran, atau tingkat kerenggangan busi yang terlalu besar dan rapat. Selain itu, warna pada busi juga dapat menjadi pertanda masalah. Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

8. Baterai yang Mati

Jika baterai mobil lemah atau tidak benar-benar mati, kemungkinan hanya starter mobilnya saja yang menjadi lambat. Anda akan mendengar suara seperti menggeram “RRR-RRR-RRR”. Jika voltasenya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus “K-K-K” dan jika voltasenya lebih menurun lagi, bisa jadi tidak ada suaranya.

Cara Memperbaiki Starter Mobil yang Tidak Bisa Menyala

Jika mobil Honda Mobilio Anda tidak bisa distarter, pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa buku panduan mobil Anda. Biasanya di sana akan tertera cara-cara mengatasi masalah mobil yang sering terjadi. Jika tidak ada, maka cara-cara berikut yang dilansir dari wikihow.com dapat diterapkan.

1. Memeriksa Bahan Bakar

Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil Anda di pom bensin terdekat. Jika Anda merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

Endapan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi tumpukan endapan bahan bakar pada penyaring bahan bakar atau fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat dan tidak bisa mencapai tempat pembakaran. Solusinya adalah dengan mendiamkan mobil Anda selama 20 menit, untuk menghilangkan endapan yang menyumbat penyaring bahan bakar. Namun jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

2. Memeriksa Baterai Mobil

Masalah yang sering terjadi ketika mobil tidak mau distarter adalah karena baterai yang mati. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati. Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal. Caranya dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin. Ada dua sambungan yaitu positif dan negatif. Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Membersihkannya dengan sikat gigi dapat membantu menghilangkan debu dan karat yang menempel.

3. Mengganti Busi

Mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi starter mobil injeksi yang sulit dinyalakan. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

Itulah penjelasan menganai penyebab dan cara mengatasi Honda Mobilio Tidak Bisa Distarter. Masalah starter ini memang krusial bagi setiap pengemudi mobil. Pengetahuan mengenai cara menangani starter yang bermasalah tentunya akan sangat membantu di perjalanan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here