Penyebab Harga Mobil Di Indonesia Mahal Dibandingkan Negara-Negara Lainnya

Rasanya hampir semua orang kini membutuhkan mobil sebagai penunjang dalam aktivitas sehari-hari, entah itu digunakan sebagai mobil keluarga terbaik, bekerja, dan lainnya. Dari kalangan menengah ke atas pun membutuhkan mobil. Dalam memilih mobil, kebanyakan orang memilih faktor harga mobil yang murah sebagai pertimbangan utama. Siapa yang tidak menginginkan membeli mobil dengan harga yang murah dengan kualitas terjangkau? Rasanya hampir setiap orang pasti menginginkan mendapatkannya.

Jika melihat dari segi harga, kebanyakan mobil keluaran terbaru yang ada di Indonesia memiliki harga lebih mahal dibandingkan negara-negara lainnya. Pernahkah anda berpikir mengapa harga mobil di Indonesia terbilang mahal? Bahkan lebih mahal dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Jerman, Amerika, Inggris, Jepang, dan lainnya. Tak hanya harga mobil sport termahal saja, bahkan mobil-mobil lainnya pun memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Misalnya saja untuk harga mmobil Toyota Yaris, di Indonesia harganya dapat mencapai Rp 191.000.000 dan di Amerika harganya jauh berbeda sekitar 13.440 US Dollar atau sekitar Rp 118.000.000.

Bahkan sebenarnya tak hanya Indonesia saja, Dilansir dari Mostluxuriouslist, tak hanya Indonesia saja ada 10 Negara dengan penjualan mobil dengan harga termahal yaitu:

Singapura
Malaysia
Indonesia
Nikaragua
China
Brasil
Inggris
Sain Kitts and Nevis
Korea Utara
Kuba
Lalu apa yang menjadi penyebab harga mobil di Indonesia mahal? Berikut ini penjelasannya.

Salah satu penyebab harga mobil di Indonesia mahal yang paling utama adalah dikarenakan pajak mobil yang ada di Indonesia terbilang tinggi. Hal ini dikarenakan mobil termasuk ke dalam kategori barang mewah. Sebagian besar mobil-mobil yang masuk ke Indonesia merupakan barang impor. Untuk mobil nasional hanya ada mobil timor di masa orba dan mobil esemka. Jika Indonesia selalu mengimpor mobil-mobil produksi negara lainnya, maka akan menyebabkan beacukai harus membayar pajak untuk mobil tersebut. Sehingga ketika sampai masuk ke Indonesia tak heran jika harga mobil menjadi meningkat

Tak hanya pajak mobil, ada pula pungutan-pungutan mobil lainnya dari keluar pabrik hingga ke dealer yang membuat harga OTR nya menjadi semakin besar. Bahkan di Indonesia sendiri harga OTR mobil menjadi yang paling mahal. Ukuran mesin yang lebih besar akan menyebabkan harganya semakin naik.
Di Indonesia sendiri, ada banyak pajak kendaraan yang dibebankan kepada pemilik kendaraan. Mulai dari PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah), biaya administrasi kendaraan yang semakin meningkat, hingga beban konsumen untuk jenis pajak progresif. Hal ini diberlakukan Pemerintah tak lain dikarenakan industri otomotif memang memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Indonesia. Tak heran jika kemudian harga mobil yang masuk ke dalam Indonesia bisa semakin mahal dibandingkan negara-negara lainnya.

Namun meskipun begitu, bukan berarti anda tidak bisa memiliki mobil idaman yang anda inginkan. Saat ini pemerintah mulai gencar melakukan program mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang memiliki harga cukup terjangkau dan spesifikasi yang lumayan. Anda juga bisa mencoba melakukan pembelian mobil dengan sistem kredit. Namun akan lebih baik untuk mengetahui tips membeli mobil baru secara kredit sehingga anda tidak terkena tipu nantinya. Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab harga mobil di Indonesia mahal dibandingkan negara lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here