Pada kasus ini bisa saja terjadi saat mesin Mobil mati atau hidup. Bahkan dalam perjalanan juga bisa terjadi setelah melakukan pemberhentian dan mencoba menghidupkan kembali, padahal dirasa kendaraan tidak mengalami masalah. Jika mengalami hal tersebut jangan panik, karena tidak akan memecahkan masalah.

Untuk kendaraan yang sudah berumur memang hal tersebut kerap terjadi, meskipun tidak semua Mobil mengalaminya. Sebagian orang segera memanggil teknisi karena panik dan khawatir tidak bisa melanjutkan perjalanan. namun sebelum melakukannya sebaiknya melakukan pemeriksaan dan mencari tahu penyebab sistem kelistrikan Mobil mati.

Sistem kelistrikan Mobil sangat penting pada kendaraan terutama menyalakan mesin

Apabila perangkat yang menggunakan daya listrik mati dan tidak bisa menyalakan, maka bisa jadi penyebabnya adalah aliran listrik dari aki terputus. Terputusnya aliran listrik tersebut bisa dikarenakan terdapat karat pada kutub aki atau kabel yang menuju aki terlepas. Apabila sudah mengetahui masalahnya bisa dilakukan perbaikan sendiri.

Untuk cara mengatasi masalah tersebut bisa melihat informasinya di bawah ini:

Hal pertama yang dilakukan adalah membuka kap Mobil dan melihat kondisi mesin. untuk berjaga-jaga sebaiknya menunggu sampai dingin jika usai melakukan perjalanan atau sebelumnya mesin telah hidup. Setelah itu periksalah bagian aki mulai dari kutubnya sampai kabel sambungan yang menuju aki.

Beberapa penyebabnya adalah karat yang terdapat pada kutub aki. Selain itu kadang terdapat kerak atau serbuk putih yang juga bisa menghalangi aliran listrik. serbuk putih tersebut merupakan hasil dari reaksi kimia yang terjadi pada aki Mobil, munculnya dikarenakan kabel yang tersambung pada kutub tidak rapat. Untuk penyebab yang sering dialami adalah kurang rapatnya sambungan kabel pada kutub aki.

Kutub aki Mobil yang kendor berakibat aliran listrik tidak tersalur ke komponen mobil

Jadi penyebab tersebut bisa karena mur yang mengunci kabel dan kutub aki sudah longgar atau kendor. Dengan begitu berakibat kabel tidak menyentuh kutub aki yang menjadikan daya listrik tidak bisa tersalur menuju komponen Mobil.

Untuk mengatasi sistem kelistrikan Mobil mati jika penyebabnya seperti si atas terbilang cukup mudah. Setelah mesin dirasa sudah dingin dan tidak berbahaya, Anda bisa mengencangkan mur yang menjadi pengunci antara kabel dan kutub aki. Pastikan bahwa sudah mengikat dengan rapat tanpa ada celah.

Akan tetapi jika masalahnya adalah terdapat kotoran atau serbuk putih yang menghambat aliran listrik, maka solusinya adalah dengan membersihkannya. Anda bisa menggunakan sikat kawat atau sikat gigi, jika tidak ada carilah benda yang kuat seperti ranting untuk menghilangkan serbuk putih tersebut. Untuk berjaga-jaga, saat melakukan pembersihan sebaiknya melepas kontak Mobil terlebih dahulu.

Serbuk putih dapat membuat aliran listrik dari aki menuju komponen Mobil tidak maksimal

Dengan melakukan hal tersebut masalah sistem kelistrikan Mobil mati sudah dapat diatasi. Anda bisa kembali mencoba menyalakan Mobil dan melanjutkan perjalanan.

Apabila dengan tahapan di atas masih belum bisa menyala, berarti terdapat kabel yang putus. Dengan begitu aliran listrik menjadi terhenti dan komponen Mobil yang membutuhkan daya listrik tidak bekerja. Bagi Anda yang mengetahui masalah mengenai tentang mesin Mobil mungkin ini perkara yang mudah dan sepele. Tetapi bagi pemilik yang tidak tahu menahu mengenai permesinan dan selalu menyerahkan ke bengkel langganan bisa jadi sangat merepotkan.

jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here