Ada banyak penyebab kenapa mobil injeksi anda bisa boros BBM. dan untuk mengetahuinya, kami akan memberi tahu beberapa penyebab kenapa mobil injeksi anda boros BBM serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab :

  1. Filter udara kotor
    Jika hal ini terjadi, menyebabkan terjadinya hambatan suplai oksigen ke mesin. Hal ini dapat menurunkan performa mobil karena timbulnya gejala ngelitik (knocking).
  2. Piston dan ring piston
    Bila komponen ini terkikis maka kompresi ruang bakar pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.
  3. Kampas Kopling Selip

Kampas kopling mobil yang selip dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses power train dari mesin menuju sistem transmisi. Sehingga RPM mesin tidak etrsalurkan dengan baik. Untuk itu cobalah untuk mengecek kondisi kampas kopling mobil anda. Jika memang terjadi selip, maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru

  1. Ban kurang angin
    Cukup sepele tapi berdampak sangat merugikan, karena tapak ban melebar yang disebabkan kurangnya angin maka beban mobil semakin besar dan efeknya bensin jadi boros.
  2. Posisi gigi tak sesuai
    Jika mobil Anda bertransmisi manual, pastikan selalu pindahkan gigi pada putaran mesin yang sesuai. Jangan biarkan mesin sering menderu terlalu lama. Saat menanjak juga biasakan pakai posisi gigi yang proper.
  3. Sering Menyalakan AC Pada Suhu Yang Terlalu Dingin

Saat anda menyalakan AC mobil, maka kompresor AC akan berputar untuk memompa refrigerant. Tentua saja daya yang digunakan kompresor AC ini tidak sedikit, apalagi jika suhu yang dinyalakan terlalu dingin.  Hal ini lah yang membuat tenaga mobil akan terbagi ke bagian kompresor. Sehingga anda perlu menekan pedal gas yang lebih dalam saat sedang berkendara.

  1. Tersumbatnya lubang nozzle injektor
    Hal ini terjadi karena jarangnya servis berkala atau penggunaan BBM yang kurang bagus. Tanda-tandanya, saat pedal sudah diinjak cukup dalam tapi mobil enggan berlari kencang.
  2. Barang bawaan terlalu berat
    Mulailah keluarkan barang bawaan yang tak perlu ada di mobil. Walau terlihat kecil, tapi jika jumlahnya banyak pastinya bobotnya akan jadi beban mesin. Belum lagi jika Anda mengangkut penumpang.
  3. Gaya mengemudi agresif
    Jika Anda kerap menekan pedal gas dalam-dalam dan gemar berakselerasi secara spontan maka jangan harap mendapatkan konsumsi BBM yang efisien. Bijaksana lah dalam menekan pedal gas dan pastikan gigi transmisi dalam posisi yang benar dan sesuai putaran mesin. .
  4. Mesin Yang BerkerakKerak yang menempel pada mesin mobil dapat membuat peforma mobil menjadi berkurang. Hal ini karena volume pada ruang bahan bakar menjadi menurun dan berdampak pada tenaga mesin yang dikeluarkan. Akibatnya tentu saja konsumsi bensin akan semakin boros.

Solusi :

  1. Lakukan pembersihan pada filter udara
  2. Lakukan tune up dan flushing pada mesin
  3. Lakukan tune up jet tron untuk saluran BBM
  4. Pada tingkat kehausan yang tinggi, ganti piston
  5. Gunakan air coolant yang berkualitas baik
  6. Lakukan piggyback pro untuk setingan irit BBM
  7. Ganti oli mobil, lakukan tune up, ganti radiator, overhaul
  8. Lakukan service untuk mobil secara berkala
  9. Menyetir disarankan untuk mencari posisi ternyaman

 

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel ini dapat membantu anda. Jika anda memiliki kritik, saran serta pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here