understeer merupakan situasi dimana ketika mobil sedang berbelok dalam kecepatan tinggi, ban yang berada di posisi depanlah yang kehilangan traksi atau daya cengkramnya, sehingga membuat kemudi mobil tidak beroperasi dimana mobil justru berjalan lurus dan tidak ingin berbelok. Situasi tersebut dapat terjadi ketika ban bagian depan mobil sudah tipis atau gundul. Kondisi ban depan yang tipis atau gundul tentu tidak bisa memberikan daya cengkram yang maksimal pada permukaan jalan yang dilalui, terkhusus ketika mobil melaju saat hujan.

Penyebab umum dari masalah oversteer dan understeer ini adalah karena seringnya pengereman saat memasuki jalan yang menikung. Pada sat itu, beban mobil tersebut pindah dan bergeser ke bagian depan, akibatnya daya cengkeram bagian ban mobil belakang menjadi berkurang.

Cara Mengatasi Understeer Dengan Mudah Dan Aman.

  1. Untuk mengatasi situasi understeer, penting bagi Anda untuk tidak menambah putaran setir kemudi ataupun melakukan pengereman.
  1. Cara atau tips berikutnya untuk mengatasi understeer, cobalah kurangi tekanan pada pedal gas secara gradual.
  1. Selanjutnya, mulailah untuk memperlambat laju kendaraan yang sedang Anda kemudian seiring dengan menunggu hingga daya cengkram ban belakang dapat diraih atau kembali normal.
  1. Pastikan juga Anda mengurangi putaran pada setir kemudi untuk mengatasi understeer
  1. Cara berikutnya, Anda dapat mengaplikasikan rem belakang dengan cara menarik tuas rem tangan secara perlahan dan juga hati-hati.
  1. Jangan mencoba-coba atau hindari menarik kemudi secara sembrangan, atau akan menimbulkan masalah lain yakni mobil akan terbalik.
  1. Tips terakhir yang dapat Anda lakukan ialah jangan membalas putaran setir ketika sedang mengalami Jika hal tersebut Anda lakukan, tentunya dapat menimbulkan masalah baru yakni mobil mengalami oversteer.

Kasus mobil yang mengalami understeer ini terbilang tidaklah sedikit dan sering dirasakan oleh pengendara yang mobilnya sedang melaju di jalan curam sehabis hujan. Untuk itu, ketika Anda mengalami dua gejala tersebut, segera lakukan cara-cara di atas untuk meminimalisir risiko lain yang akan terjadi.

Pada intinya, alangkah baiknya jika Anda lebih berhati-hati ketika ingin melewati jalan dengan belokan yang tajam dan juga curam, terutama licin sehabis hujan. Selain itu, sebelum Anda ingin melakukan perjalanan jauh, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap bagian-bagian mobil apakah masih layak dan aman atau justru tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here