Berikut ini adalah beberapa penyebab lampu utama atau lampu depan mobil yang mati.

  •  Kondisi Sekring Putus

Salah satu penyebab lampu depan atau utama mobil mati yang seringkali terjadi adalah kondisi sekring yang putus. Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil. Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Carilah sekring yang berkaitan dengan lampu, cek kondisinya apakah memang putus atau tidak. Anda bisa memperbaiki nya dengan cara melilitkan 2 helai serabut logam di dalam kabel ke terminal satu dan lainnya. Setelah itu pasangkan kembali sekring lampu tersebut. Setelah itu anda bisa mencoba menyalakan lampu mobil.

  • Karena Kabel atau Relay

Saat kondisi kunci kontak sedang on serta aki sedang aktif maka pastikan apakah penyebab lampu mobil mati total merupakan masalah bagi lampu besar tersebut. Biasanya akan terlihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Relay ini merupakan kotak yang berfungsi menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik. Jika memang terjadi masalah pada bagian kabel relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay.

Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik, dapat dikatakan jika terminal 30 disambungkan dengan kabel ke nomor 87. Namun lakukan ini saat kondisi sedang darurat dan terdesak saja. Setelah itu segera cari bengkel terdekat untuk memperbaiki lampu mobil mati total tersebut.

  • Bohlam Mati 

Penyebab lainnya dapat dikarenakan lampu bohlam yang memang kondisinya mati. Faktor-faktor yang dapat menyebabkannya adalah pemasangan bohlam lampu yang salah. Misalnya saja pemasnagan bohlam lampu di bagian kacaanya memang harus bersih dari kotoran atau minyak. Dengan kata lain tidak boleh sampai tersentuh dengan tangan. Jika anda memang ingin menggantinya, maka pastikan jangan sampai bagian kaca tersentuh oleh tangan anda.

  • Kualitas Bohlam Lampu yang Jelek

Masih berkaitan dengan bohlam lampu, kini kualitas bohlam lampu juga menjadi salah satu penyebab mengapa lampu mobil mati total. Kualitas dari lampu yang digunakan memang akan sangat mempengaruhi kerja lampu. Jika anda menggunakan kualitas yang rendah maka tentunya akan seringkali putus atau rusak. Bohlam lampu berkualitas rendah tidak memiliki kemampuan dalam menahan panas sehingga menyebabkan filamen di dalamnya menjadi mudah putus. Sehingga hanya 3 kali pakai saja anda akan membuat lampu mati.

Meskipun bohlam yang bagus biasanya memiliki harga yang mahal, namun jika dibandingkan dengan membeli bohlam lampu berkualitas kurang baik terus menerus maka hal ini akan jauh lebih merugikan. Kualitas bohlam yang baik tentunya akan memiliki usia pakai yang cukup lama. Selain itu pilih bohlam yang memang sesuai dengan ukuran daya dari spesifikasi mobil anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here