Penyebab Mobil Boros BBM dan 5 tips agar kendaraanmu hemat BBM

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan BBM pada sebuah mobil dapat berbeda dengan mobil lainnya. Beberapa di antara alasan-alasan tersebut adalah:

  • Ukuran CC Mobil
    Semakin besar CC yang dimiliki, maka semakin besar juga penggunaan BBM sebuah mobil. Namun CC besar bukan berarti penggunaan bahan bakar harus boros.

Ada beberapa cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil ber CC besar. Anda bisa menggunakan alat penghemat BBM, ataupun mensetting ECU mobil.

  • Penggunaan AC Mobil
    Semakin lama menggunakan AC mobil, semakin besar kebutuhan listrik. Semakin besar pula kebutuhan BBM mobil.

Untuk mengatasi masalah mobil boros BBM karena penggunaan AC mobil, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Diantaranya dengan mengatur kelistrikan mobil dengan volt stabilizer. Juga dapat dengan cara tidak selalu menggunakan AC mobil.

Selain kedua alasan di atas, munculnya masalah penggunaan bahan bakar yang tidak efisien dapat muncul karena:

  • Kinerja Mesin yang Tidak Maksimal
    Banyak alasan mengapa kinerja mesin mobil anda tidak maksimal. Pada umumnya terjadi karena kualitas oli mobil sudah tidak lagi baik. Selain itu, kerusakan pada komponen lain dapat menyebabkan mobil jadi lebih boros.

Beberapa komponen tersebut seperti radiator yang tidak lagi mampu mendinginkan mesin mobil, dan kipas yang tidak berfungsi.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan tune up untuk memastikan kondisi mesin mobil kembali seperti saat baru dibeli.

Selain itu, mengganti air coolant juga dapat menjadi solusi untuk memastikan kinerja mesin kembali baik. Dan tentu saja harus disertai dengan penggantian oli mesin.

  • Saluran Pembakaran yang Tersumbat
    Sumbatan pada saluran pembakaran akan menyebabkan pembakaran di mesin mengalami sendatan. Akibatnya, mesin mobil terpaksa menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk mencapai target kondisi ideal.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan membersihkan saluran pembakaran. Terutama tanki BBM mobil.

 

Berikut ini kami akan memberikan tips agar kendaraan anda lebih awet bahan bakar

1.Jangan panasi mobil terlalu lama

Kebiasaan pengendara di Indonesia adalah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa saat sebelum menggunakan mobil mereka. Kegiatan ini, memang diperlukan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah bisa ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.Kegiatan yang umum disebut memanaskan mesin mobil ini sendiri bisa menjadi salah satu penyebab bahan bakar terkuras dari tangkinya. Hal ini bisa terjadi jika pengguna memanasi mobil terlalu lama atau dengan menginjak pedal gas dalam-dalam.

2. Atur putaran mesin

Ketika sudah mengendarai mobil, ketangkasan pengemudi lah yang menjadi penentu irit atau borosnya sebuah kendaraan mereka.

Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM saat berada di jalan adalah dengan mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di saat yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi mengucur deras. Putaran mesin ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm.

 

3. Hindari gaya mengemudi stop and go

 Cara ketiga untuk menghemat bahan bakar yang masih terkait cara mengemudi adalah dengan hindari gaya mengemudi stop and go.

Stop and Go sendiri merupakan gaya mengemudi yang mana pengguna sering menginjak rem dan menekan pedal gas. Padahal semakin sering pedal gas di lepas dan diinjak kembali, maka konsumsi bahan bakar akan semakin boros.

Untuk itu, sebagai pengemudi, Anda harus pintar melihat kondisi sekitar sehingga tau waktu yang tepat untuk menginjak pedal rem dan memainkan pedal gas seefisien mungkin.

4. Mengemudilah di kecepatan ideal

Selain mengatur putaran mesin, pengemudi juga harus pintar mengemudi di kecepatan ideal.

Kecepatan ideal kendaraan bermotor roda empat sendiri berada di kisaran 80 km/jam. Konsumsi bahan bakar akan berada di titik efisien ketika mobil melaju di kecepatan tersebut, tentu dengan pengaturan gear masuk yang tepat. Namun, ingar kendarailah mobil Anda di kecepatan ideal ini ketika kondisi jalan mendukung.

5. Matikan mesin saat kondisi macet total

Bagi pengemudi di kota besar, tentu akan sering menemui keadaan jalanan yang macet total. Sebaiknya matikan mesin kendaraan ketika kondisi jalanan macet total, buka sedikit jendela mobil agar sirkulasi udara tetap terjaga meski mesin dan AC dimatikan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here