Seperti yang kita tahu, mobil irit bahan bakar adalah satu pertimbangan seseorang dalam membeli sebuah kendaraan. Karena itu, produsen otomotif berlomba-lomba menghadirkan mobil irit BBM untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Namun terkadang, meski mobil kita adalah mobil yang irit bahan bakar, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa kendaraan tersebut menjadi boros bahan bakar.

Sebagai pemilik kendaraan, tentu saja kita harus sadar jika dalam kurun waktu lama, mobil akan mengalami penurunan performa. Dan hal tersebut akan membuat kita kaget apalagi bila sampai konsumsi bahan bakarnya tiba-tiba meningkat drastis.

Namun, selain usia mobil, ada faktor lain yang menyebabkan kendaraan menjadi boros BBM. Seperti dikutip dari laman Daihatsu.co.id (12/03), ada beberapa hal yang mempengaruhi penggunaan BBM pada sebuah kendaraan. Berikut adalah penjelasannya:

 

  • Kotornya filter udara

Hasil gambar untuk Kotornya filter udara

Salah satu penyebab mobil boros bensin ialah kotornya filter udara dalam mobil. Kotornya filter udara dalam mobil tanpa disadari menghambat aliran udara. Hal tersebut juga berdampak pada performa mobil terutama bagian pacu sehingga menimbulkan gejala knocking. karena itu berikan perawatan yang rutin untuk filter udara. Jagalah agar kotoran di filter udara tidak menumpuk. Jika filter udara rusak, maka gantilah dengan yang baru. Harganya tidak sampai seratus ribu rupiah.

 

  • Adanya kerak di ruang mesin

Hasil gambar untuk Adanya kerak di ruang mesin

Selain filter udara yang kotor, penyebab mobil menjadi lebih boros BBM ialah karena adnaya kerak di ruang mesin. Kerak yang terdapat di ruang mesin tanpa disadari membuat volume ruang bahan bakar pada akhirnya menjadi lebih berkurang sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga akan semakin kecil.Rajin lah membersikan kerak yang ada pada mobil anda

  • Lubang nozzle injektor tersumbat

Hasil gambar untuk Lubang nozzle injektor tersumbat

Selain kedua hal tersebut masih ada penyebab mobil boros bensin yaitu tersumbatnya lubang nozzle injektor kendaraan. Tahukah Anda bahwa saat ini, lubang nozzle injektor sengaja dibuat dengan ukuran yang sangat kecil sehingga hal tersebut membuat mudah tersumbat. Bila sudah begini, pembakaran dari BBM menjadi tidak sempurna dan tentunya mengurangi efisiensi bensin kendaraan.

 

  • Piston dan ring piston aus

Hasil gambar untuk Piston dan ring piston aus

Satu lagi yang menyebabkan mobil boros bensin yaitu ring piston dan piston sudah aus. Jika ring piston dan piston sudah lama terkikis maka secara tidak langsung hal tersebut membuat kompresi kendaraan menjadi semakin berkurang. Sehingga dampaknya akan mempengaruhi kinerja mesin. Tarikan tenaga yang nantinya dihasilkan akan menjadi loyo dan alhasil bensin cepat habis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here