Ternyata jamur juga ada di mobil ? kok bisa ?. Jamur juga bisa ada di mobil jika kurang perawatan , dan akan merusak keindahan mobil.

Memang, bila dilihat secara sepintas wujud jamur tidak terlihat dengan jelas. Namun bila dilihat secara seksama terlihat cat mobil tampak kusam. Parahnya, jika jamur ini didiamkan lama kelamaan akan merusak cat hingga mengelupas.

Dan tentu saja biaya pengecatan ulang mobil pun bakal menanti. Untuk itu, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui penyebab timbulnya jamur pada cat bodi mobil. Jamur atau noda keputihan pada bodi mobil timbul karena proses pengeringan sehabis mencuci mobil tidak benar-benar kering.

INI PENYEBAB NYA:

  • Penyebabnya, waktu habis nyuci, dikeringinnya enggak terlalu kering khususnya atap mobil karena terlalu malas. Sela-sela banyak air menggantung jadi saat netes air ya dicuekin.

 

  • Penyebab lainnya adalah, mobil tidak buru-buru dibilas dan dikeringkan sehabis terkena hujan. Dalam waktu singkat akan muncul di permukaan bodi. Diketahui air hujan banyak mengandung asam sehingga itu menjadi musuh utama cat mobil. Makanya kalau kena air hujan langsung dibilas dan dikeringkan. Mobil lebih cepat berjamur kalau didiamkan karena hujan di kota besar cenderung hujan asam karena banyak polusi. Mobil yang tidak memiliki paint protection atau perlindungan cat akan lebih rentan berjamur. Lebih jauh solusinya kata dia, mendatangi bengkel perawatan bodi mobil agar kendaraan lebih terlindungi. Konsumen bisa menanyakan proses pengerjaan pada bengkel tersebut.

 

 

  • Kalau dilakukan orang awam sendiri nanti terjebak membeli obat penghilang jamur, malah jadi bahaya. Jangan terjebak sama produk penghilang jamur dengan harga murah. Sementara, untuk perawatan cat mobil dia menyarankan agar pemilik kendaraan untuk merawat setiap jangka waktu empat atau enam bulan sekali. Karena selain berbagai kasus terselesaikan, kendaraan bisa lebih terproteksi dari masalah jamur.

DAN INI SOLUSINYA :

Hal apa saja yang harus dibersihkan dari jamur ? Berikut adalah penjelasannya :

Kaca

Kaca mobil ternyata juga tak lepas dari resiko berjamur meskipun permukaannya terkesan bening. Jika hal tersebut terjadi pada mobil Anda, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Antara lain:

  • Bersihkan permukaan kaca yang berjamur kemudian olesi dengan pasta gigi. Diamkan beberapa saat hingga mengering.
  • Setelah mengering, Anda bisa membersihkannya dengan lap bersih.
  • Jika perlu Anda juga disarankan untuk membilasnya menggunakan air.
  • Agar tambah mengkilap, sebaiknya semprotkan cairan pengkilap pada kaca mobil Anda.
Karpet

Meskipun terletak pada permukaan mobil ternyata karpet mobil tak hanya beresiko untuk kotor saja. Tetapi juga memiliki resiko untuk mengalami jamuran. Cara mengatasi jamuran pada karpet mobil ini sebenarnya sangat mudah. Cara membersihkannya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan karpet dari mobil Anda dan bersihkan terlebih dahulu.
  • Jika sudah bersih, barulah Anda sikat perlahan permukaannya. Perhatikan letak jamur pada karpet. Usahakan Anda menyikat bersih jamur-jamur tersebut.
  • Setelah bersih, bilaslah karpet mobil tersebut dengan air bersih.
  • Selanjutnya Anda bisa menjemurnya di tempat yang panas hingga karpet benar-benar kering.
  • Apabila sudah kering, Anda bisa memasangnya kembali ke dalam mobil. Mudah sekali bukan?
Jok

Untuk pembersihan jok mobil ini diperlukan penanganan yang sedikit khusus. Bahkan pembersihannya tidak bisa dilakukan hanya dengan air. Pembersihan jamur yang tumbuh dalam jok ini harus dilakukan menggunakan cairan pembersih jamur khusus. Cara kerja cairan tersebut biasanya hanya dengan menyemprotkan saja dan mengelapnya hingga permukaan jok benar-benar kering. Mudah sekali bukan? Agar jok tidak ditumbuhi oleh jamur lagi, sebaiknya segera bersihkan jok apabila basah. Membersihkan jok yang basah ini juga tak sulit dan cukup diusap saja menggunakan lap kering.

Timbulnya jamur pada interior mobil ini umumnya disebabkan karena kelembaban AC yang berlebih ataupun kebocoran yang ada pada AC. Untuk mengatasi hal demikian, disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel spesialis AC. Dokter mobil merupakan bengkel yang memiliki spesialisasi di AC.

Jika AC mobil Anda rusak atau bermasalah, sangat disarankan untuk membawanya ke bengkel yang satu ini. Disana AC mobil Anda akan diperbaiki menjadi normal kembali sehingga tidak mengalami kebocoran atau kelembaban berlebih yang bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada interior mobil.

Beberapa langkah memang bisa dilakukan untuk mengatasi  ataupun mencegah masalah mobil berjamur. Kurang lebih penyebab mobil berjamur ini dikarnakan beberapa poin di atas tersebut. Jangan tunggu sampai rusak lebih parah dan segera atasi. Masalah mobil berjamur ini bisa merusak keindahan mobil itu sendiri jika dibiarkan terus menerus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here