Memiliki kendaraan beroda empat saat ini memang sangat menguntungkan,tempat duduk yang nyaman,tidak perlu berpanas-panasan,dan juga bisa menampung banyak orang didalamnya.

Namun bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih banyak jika dibandingkan dengan motor,berbicara mengenai bahan bakar,pasti ada beberapa diantara kalian yang mempunyai kendaraan bermobil yang boros bahan bakar,ada beberapa penyebab yang bisa membuat mobil anda boros bahan bakar,dan untuk mengatasinya maka simaklah artikel dibawah ini:

Penyebab mobil boros bahan bakar.

Berikut ini beberapa penyebab yang sering di alami pengendara bermobil:

  1. Saringan Udara Kotor

Saringan udara atau air filter merupakan salah satu komponen yang vital bagi kendaraan roda empat. Saringan udara ini berfungsi untuk  melindungi atau mencegah masuknya hal-hal yang tak diinginkan seperti debu dan kotoran kedalam ruang bakar.

Saringan udara yang kotor tentu saja akan membuat udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit dan tersendat-sendat. Padahal, untuk melakukan pembakaran BBM yang baik diperlukan udara yang cukup. Akibatnya, BBM tidak bisa terbakar dengan sempurna dan menyebabkan sebagian BBM menguap dan keluar melalui knalpot.

2.    Kondisi Busi

Busi juga sangat berperan penting dan terkadang sangat berpengaruh kepada kelancaran pembakaran BBM. Yang pertama, jika kepala dan sumbu busi yang terpasang terlalu renggang ataupun terlalu rapat akan menyebabkan percikan api yang muncul untuk membakar BBM dan udara dalam mesin menjadi kecil. Hal ini tentu saja akan menimbulkan pembakaran BBM menjadi tidak sempurna dan menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros.

Selain itu, kondisi busi yang sudah tidak lagi prima juga bisa menimbulkan masalah. Busi yang sudah tidak dalam kondisi sempurna biasanya akan menimbulkan percikan api yang hanya terpusat pada satu titik saja dan tidak menyebar. Oleh karena itu, pembakaran BBM menjadi tidak sempurna dan menyebabkan borosnya konsumsi BBM. Selain boros BBM, busi yang rusak juga akan membuat tarikan mobil menjadi loyo.

3.    Karburator

Karburator memiliki peran yang vital pada sistem saluran bahan bakar mobil. Karbutor berfungsi sebagai saluran yang menyambungkan aliran BBM ke ruang bakar. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada karburator akan membuat pembakaran BBM menjadi tidak optimal.

4.    Sistem Kelistrikan

Aksesoris-aksesoris kelistrikan memang bisa sangat membantu untuk membuat kendaraan lebih nyaman ketika digunakan. Tapi, ternyata jika tidak digunakan dengan benar sistem kelistrikan malah bisa membuat bahan bakar yang dikonsumsi kendaraan menjadi boros apalagi jika digunakan tanpa adanya mode converter.

 Aksesoris-aksesoris bertenaga listrik seperti lampu halogen atau audio tentu saja akan membutuhkan daya listrik yang besar juga dan bahkan tak jarang juga sampai kekurangan daya listrik. Ketika hal ini terjadi, sumber tenaga akan didapatkan ketika pedal gas diinjak yang tentu saja membuat konsumsi bahan bakar bertambah.

Itu tadi beberapa penyebab yang sering dialami pengendara mobil saat ini,dan berikut solusi yang bisa anda lakukan untuk mencegah mobil supaya tidak boros.

Solusi untuk mencegah mobil boros.

Berikut ini solusi yang bisa anda terapkan pada mobil  anda:

1.    Saringan Udara Kotor

Solusinya dari permasalahan ini adalah selalu cek dan bersihkan saringan udara mobil anda secara rutin.

2.    Kondisi Busi

Solusi dari permasalahan ini adalah pastikan busi pada mobil anda terpasang dengan benar dan apabila diperlukan, ganti busi secara berkala.

3.    Karburator

Cara mengatasinya adalah lakukan pengecekan rutin dan ganti karburator jika diperlukan.

4.    Sistem Kelistrikan

Cara mengatasinya adalah selalu gunakan mode converter. Selain itu, jika tidak sangat mendesak, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan sistem kelistrikan yang terlalu banyak.

Demikianlah penyebab dan solusi mengatasi mobil boros bbm,semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here