Kurangnya perawatan menjadikan mobil boros BBM,namun apa penyebab dan solusi supaya mobil anda tidak mengalami keborosan lagi?simak artikel berikut ini:

Penyebab mobil boros.

Ada beberapa alasan mengapa mobil anda boros,berikut inilah alasan yang menyebabkan mobil anda boros

Filter udara mampet 

Jika ada debu yang ikut terbawa aliran udara maka debu tersebut akan tertinggal di permukaan filter.
Dalam waktu yang lama, timbunan debu dipermukaan filter ini akan mengganggu kelancaran aliran udara. Sehingga pasokan udara ke mesin akan berkurang, ini akan menyebabkan langkah piston menjadi berat.
Akibatnya mobil ngempos dan tidak bertenaga, dalam hal ini kita cenderung menekan pedal gas lebih dalam. Sehingga pasokan bensin bertambah namun powernya masih kurang. Dan inilah yang membuat bensin terasa cepat habis.

Akibat velg besar

Velg yang lebih besar umumnya memiliki bobot yang lebih besar,sehingga memerlukan tenaga lebih ekstra.

Lebih besar tenaga artinya lebih banyak bahan bakar. Sehingga secara tidak langsung ini bisa memakan lebih banyak bensin.

Sering menyalakan AC dengan suhu dingin

Menyalakan AC dengan suhu paling dingin di waktu yang lama dapat menimbulkan bensin boros.
Alasannya, saat kita menyalakan AC mesin akan memutar kompresor AC yang fungsinya memompa refrigerant. Daya yang diperlukan kompresor AC tidak sedikit, apalagi kalau kita set di suhu yang paling dingin maka kinerja kompresor akan semakin lama.
Sehingga power mesin akan dibagi ke kompresor AC. Ini artinya kita perlu menekan pedal gas lebih dalam untuk bisa menjalankan mobil,dan menyebabkan mobil anda boros.

Ban kempes

Jika ban mobil kita kempes otomatis tapak ban akan melebar karena bagian dinding ban akan menyentuh permukaan jalan.
Akibatnya lebih banyak gesekan pada ban dan perlu tenaga tambahan agar mobil bisa bergerak dengan kencang. Dengan kata lain kita perlu injak pedal gas lebih dalam.

Kampas kopling selip

Kampas kopling yang selip menyebabkan terganggunya proses powertrain dari mesin ke transmisi. Semua RPM mesin tidak dapat disalurakan dengan sempurna.
Akibatnya kecepatan mobil tetap rendah meski kita sudah injak pedal gas full. Sehingga kita perlu waktu tempuh lebih lama yang artinya lebih banyak bensin yang termakan.

Akibat melepas catalytic converter

Memang melepas catalytic performa mesin akan meningkat karena ini seperti free flow exhasut system. Dimana gas buang langsung diarahkan ke udara bebas tanpa hambatan.
Hanya saja dampak dari free flow ini RPM mesin menjadi lebih cepat bahkan saat stationer. Hasilnya jelas bensin mobil akan menjadi lebih boros.

Oli matic belum diganti

Saat oli transmisi sudah jelek dan tidak diganti maka proses perpindahan putaran dan proses perubahan momentum akan terganggu. Sehingga menimbulkan masalah-masalah seperti ini:

  1. Top speed menurun
  2. Power mobil kurang
  3. Bensin lebih boros
  4. Ada hentakan saat perpindahan gigi matic

Mesin belum tune-up

Ada banyak hal yang perlu dilakukan perawatan. Seperti busi, celah katup, lalu throtle body dan injector.
Komponen-komponen ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi bensin pada suatu mesin. Sehingga kalau kondisinya tidak terawat, maka konsumsi bensin juga bisa tidak teratur.

Itulah tadi yang menyebabkan mobil anda boros,berikut ini ada solusi untuk mengatasi mobil boros.

Solusi mobil boros

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan mobil anda lebih hemat bbm, di antaranya adalah:

  1. Tune Up Mobil
    Tune Up merupakan salah satu perawatan berkala yang harus dilakukan pada mobil anda. Dengan tune up, tidak hanya mengatasi mobil yang boros BBM, namun juga menyelesaikan masalah mobil lainnya, seperti:
    – Tenaga mobil ndut-ndutan
    – Tenaga mobil kurang
    – dan Performa mobil yang terasa menurun.
  2. Piggyback Pro
    Merupakan suatu aplikasi yang dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar dengan cara modifikasi pada ECU dan aki mobil anda.Piggyback Pro tidak hanya dapat menjadikan mobil anda lebih irit BBM, namun juga membantu untuk meningkatkan:
    – Akselerasi mobil
    – Kecepatan mobil
    – Tenaga mobil
    – Torsi mobil
  3. Menggunakan Alat Penghemat BBM
    Ada banyak alat penghemat BBM yang tersedia di pasaran. Namun hanya beberapa yang memang terbukti ampuh dan bekerja menghemat penggunaan bahan bakar.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab mobil boros bensin dan cara mengatasinya. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here