Penyebab mobil terbakar bisa saja terjadi pada mobil manapun,walaupun masalah ini jarang ditemui,namun kalian yang mempunyai kendaraan bermobil juga harus waspada,berikut ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil anda yang terbakar.

Penyebab mobil brio terbakar.

Berikut ini adalah penyebabnya:

  1. Ada Kabel Terkelupas
    Keadaan sebuah mobil yang tidak stabil akan membuat kabel yang rapuh saling bergesekan dan menyebabkan kabel terkelupas sehingga timbul percikan api. Ini bisa terlihat dari bau sangit yang ada di mobil anda dan jika ini terjadi, maka segera hentikan mobil anda.
  2. Kabel Pararel Aki Tidak Kecang
    Penyebab Mobil Terbakar yang kedua yaitu kabel pararel yang menumpuk pada aki dan baut tidak terpasang dengan kuat juga bisa menimbulkan konsleting dan bisa menjadi penyebab dari terbakarnya mobil.
  3. Ukuran Kabel Tidak Sesuai
    Kabel menjadi salah satu bagian yang riskan dan jika tidak memakai jenis atau tipe yang sesuai dan berkualitas, maka bisa menyebabkan mobil terbakar. Setrum yang lewat pada kabel memiliki daya berbeda-beda dan jika salah dalam pengaplikasian maka kabel akan memuai dan api menyebar ke seluruh bagian mobil.
  4. Selang Bahan Bakar Bocor
    Mobil yang sudah tua umumnya selang bahan bakar yang terbuat dari material kain dan sangat mudah robek. Periksa selang bahan bakar ini secara rutin dan mengganti selang jika sudah rapuh sebab akan memicu percikan api dan langsung membakar bagian mobil lainnya atau bahkan meledak.
  5. Air Filter Karburator Terbuka
    Pada mobil yang memakai sistem karburator, maka hindari memakai air filter yang terbuka, sebab hawa dari bensin yang menguap bisa tembus lewat celah kecil book air filter. Apabila ada kabel terkelupas dan saling bergesekan serta uap dari bensin mengenai bagian kabel tersebut akan langsung membakar mobil.
  6. Pipa Knalpot Bocor
    Pipa knalpot khususnya pada bagian bawah tangki bensin yang bocor juga akan sangat berbahaya jika terkena panas. Bensin akan menguap dan menjadi penyebab terbakarnya mobil meskipun tahap terbakar ini membutuhkan proses yang lumayan lama.
  7. Kebocoran Pada Oli
    Pada mobil yang sudah di modifikasi, sangat wajib memakai pembungkus anti panas pada header. Namun sebelum melakukan ini, ada baiknya jika anda memeriksa apakah ada oli yang bocor atau cipratan oli dari blok mesin yang bisa menjadi salah satu penyebab dari terbakarnya sebuah mobil.

Itu dia beberapa penyebab yang biasanya terjadi pada mobil yang terbakar,berikut ini ada beberapa cara mencegahnya.

Cara mencegah mobil terbakar.

Berikut ini adalah cara mencegahnya:

  1. Salah satu penyebab kebakaran adalah lompatan bunga api akibat kebocoran kabel busi yang kurang baik kondisinya. Anda sebenarnya dapat mencegah hal ini jika secara teratur memeriksa kondisi kendaraan.
  2. Anda juga sebaiknya menghindari sambungan (jumper) sekering dengan kawat atau kabel biasa karena ukuran kekuatan tidak akurat sehingga bisa menimbulkan panas pada kabel listrik.
  3. Jangan lupa pula merawat bantalan-bantalan (bearing) yang terbuka seperti bearing untuk penyetelan ketegangan V-belt, karena jika bearing tidak bekerja dengan sempurna dapat menimbulkan panas, bahkan bisa pula timbul bunga api, akibat gesekan. Isolasikan dengan baik sambungan-sambungan kabel listrik.
  4. Sambungan-sambungan seperti slang atau pipa bisa menjadi titik rawan.
  5. Karena itu, periksalah selalu dan segera ganti apabila ditemukan kerusakan atau kebocoran. Periksa juga klem-klem pada ujung slang atau pipa bensin, di tangki, di fuel filter, fuel pump, terutama klem slang atau pipa setelah mendapat tekanan dari fuel pump.
  6. Pada sisi ini tekanan bahan bakar cukup tinggi sehingga klem harus kuat untuk menjaga agar tidak terdapat kebocoran bahan bakar.
  7. Hindari juga kebiasaan yang berisiko, seperti menggunakan korek api sebagai penerang sewaktu terjadi kerusakan kendaraan. Pada buku petunjuk (manual) kendaraan biasanya dianjurkan menggunakan lampu darurat portableatau flash light (lampu baterai) untuk menghindari sumber api.
  8. Jika sampai terjadi kebakaran, Anda masih dapat mengupayakan terhindarnya akibat yang lebh parah dengan menggunakan pemadam api (fire extinguisher).

Itu dia penyebab dan cara mencegah mobil brio terbakar,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here