pernah mengalami mobil yang mendadak mogok saat di tengah jalan? Biasanya mobil mendadak mogok disebabkan oleh dua hal ini, filter bahan bakar yang bermasalah dan tertipu oleh indikator bahan bakar yang rusak. Pertama, filter bensin yang mampet membuat pompa jadi mati, sehingga pompa bensin tidak menyuplai ke mesin dengan baik.

Jika ini yang menjadi penyebabnya, dapat dipastikan proses pembakaran akan terganggu. Kedua, para pengemudi sering tertipu oleh indikator bensin yang nyatanya sudah kosong.

Selain dua penyebab diatas, penyebab lainnya yakni pelampung bahan bakar yang macet akibat benturan atau penyok dan mesin mengalami overheat. Terkait overheat, penyebabnya terjadi karena pemilik mobil lupa untuk mengisi air sehingga radiator kekurangan air. Atau bisa jadi pemilik tidak lupa mengisi air radiator, tetapi selang radiator pecah atau mengalami kebocoran.

Disamping itu, kerusakan pada kipas radiator yang tidak mau berputar dan water pump yang putus pun bisa jadi penyebab mobil mogok. Sedangkan untuk masalah kelistrikan jarang sekali menjadi penyebab mobil mogok, kecuali aki lemah atau tidak mengisi.

penyebab mesin mobil mati banyak sekali, contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Rusaknya Alternator Altenator adalah salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Rusaknya bagian ini akan membuat aki jadi tidak bisa diisi. “Biasanya kalau tiba-tiba mati karena alternatornya bermasalah, sehingga tidak bisa mengisi aki. Akibatnya mesin jadi mati,” kata didi. Menurut Didi, rusaknya alternator biasanya berbanding lurus dengan usia pakai mobil.

 

Karena usia pakai ideal mobil lima tahun, setelah melewati masa tersebut maka ada kecenderungan penurunan kinerja alternator. Namun ada kalanya alternator juga bisa rusak lebih cepat karena penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar, seperti modifikasi lampu, pemasangan audio dan monitor yang tidak memperhitungkan kemampuan aki dan alternator.

 

  1. Sekering Putus Bila salah satu sekering putus, kemungkinan ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik, terutama yang terhubung dengan sekering tersebut.  Seperti alternator, sekering juga bisa rusak jika suplai listrik melebihi kebutuhan. Karena itu sebaiknya ukuran sekring juga disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listriknya.

 

  1. Overheat atau Mesin Panas Overheat atau mesin terlalu panas adalah masalah yang cukup sering ditemui pada kasus mobil mati mendadak. Umumnya overheat terjadi karena lalai mengecek kondisi air radiator. Namun bisa juga karena penggunaan bahan bakar yang kadar oktannya tidak sesuai dengan yang disarankan.

 

Jadi rajin rajinlah memeriksa kondisi mobil kita meskipun dalam keadaan baik baik saja dan tidak ada salahnya bukan kita memeriksa mobil kita terlebih dahulu sebelum kerusakan terjadi maka kita harus memeriksa nya entah harus membawa ke bengkel aau pun hanya memriksa saat di rumah saja ada yang rusak atau tidak kalau ada yang tidak rusak maka aman saja pasti akan aman saja  kita gunakan kemana saja dan di mana pun saja.

Jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here