Bagi kalian pengguna mobil dieel yang pusing karena aasp kendaraan anda menjadi hitam sehinnga tidak enak dipandang dan menggagu sekitar,kami akan memberikan penyebab kenapa mobil anda bisa mengeluarkan asap hitam dan tips mengatasinya

  • Pembakaran tidak sempurna Semua jenis mesin bekerja dengan merubah zat kimia menjadi tenaga mekanik.Pembakaran adalah cara mesin merubah zat kimia menjadi tenaga.Mesin diesel maupun bensin prinsip dasar kerjanya sama, menggunakan sistem pembakaran internal combustion engine. Keduanya pun juga menuntut pembakaran yang sempurna, agar mesin bisa memberika kinerja yang maksimal. Bila proses pembakaran itu bermasalah, maka mesin akan tersengal-sengal dan kalau pun dipaksa berjalan akan tersendat-sendat.
  • Injektor Tersumbat Dan Kualitas Bahan Bakar Saluran injektor kotor/tersumbat oleh kotoran yang ikut bersama bahan bakar, sehingga pengabutan yang tidak sempurna. Angka cetane solar yang dipakai terlalu tinggi atau terlalu rendah, atau kualitas solar yang tidak bagus. Angka cetane adalah tingkat bakar untuk solar, kalau bensin disebut angka oktan.Semakin tinggi angka cetane berarti solar semakin mudah terbakar. Mesin yang dirancang untuk menggunakan solar ber-cetane tinggi, tidak akan cocok jika menggunakan solar dengan angka cetane yang rendah (biasanya mobil diesel keluaran terbaru).
  • Filter Udara Kotor Jika filter udara ini sudah kotor, kotoran bisa ikut terbawa kesistem bahan bakar dan menyebabkan penyumbatan.Jika filter udara sudah rusak, juga tidak akan bisa menyaring debu atau partikel lain yang juga bisa menyebabkan penyumbatan. Filter yang sudah kotor juga akan menghalangi oksigen masuk, dimana oksigen adalah sangat dibutuhkan pada semua pembakaran. Akibatnya pembakaran juga tidak akan sempurna, bisa menyebabkan mesin bergetar lebih keras dari normalnya. Periksa dan bersihkan filter udara secara rutin, misalnya¬† dua minggu sekali. Jika memang kondisinya sudah sangat tidak layak, sebaiknya diganti dengan yang baru.
  • Ada Olie Yang Masuk Ruang Bakar Bisa disebabkan oleh sil sil olie yang sudah aus/bocor, sehingga olie merembes kedalam ruang bakar.Olie tersebut akan ikut terbakar, sehingga asap knalpot lebih tebal dari biasanya.
  • Campuran Gemuk Campuran gemuk (boros) disebabkan pada setelan, atau mungkin adanya kerusakan¬† pada pompa injeksi.Untuk memperbaiki dan mengetahui hal ini, harus diperiksa oleh teknisi dan peralatan yang memadai.
  • ECU Pada Mobil Diesel EFI Perangkat Electronic Control Unit (ECU) yang sudah tidak akurat, bisa menjadi penyebab timbulnya asap hitam pekat dan getaran mesin. ECU adalah kontrol elektronik yang mengatur takaran bahan bakar terhadap injektor.Timing,semburan bahan bakar tidak tepat, campuran bahan bakar yang tidak sesuai akan membuat mesin seperti tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras dan keluar asap yang hitam pekat.ECU adalah EFI pada mesin mobil diesel keluaran terbaru, jika mobil anda keluaran lama mungkin tidak menggunakan sistem bahan bakar EFI.
  • Saringan Bahan Bakar Kotor Jika alat ini kotor dan tersumbat, sudah pasti asupan bakar bakar tidak akan stabil. Hasilnya, proses pembakaran tidak akan sempurna. Mesin pun akan tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras dan asap hitam pekat. Bersihkan atau ganti saringan bahan bakar bersamaan dengan penggantian oli mesin, yaitu setiap jarak tempuh mobil sudah mencapai 5.000 kilometer. Pada mobil diesel keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi common-rail direct injection. teknologi tersebut berfungsi untuk meningkatkan tekanan solar ke ruang bakar, sekaligus menghancurkan partikel-partikel di solar yang berukuran lebih besar.Hasilnya, proses pembakaran bisa berlangsung lebih sempurna dan asap pun semakin berkurang.

    Untuk mengatasi asap hitam yang keluar dari mein mobil dieel kita bisa mengganti filter udara yang memang sudah rusak dan jangan lupa juga dengan mengganti filter BBM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here