Kepulan asap yang terdapat pada mesin diesel dapat disebabkan karena saringan udara yang kotor. Udara yang kotor tersebut dapat masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna tersebut dapat menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih yang tebal.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bersihkanlah saringan udara setidaknya 3 bulan sekali atau setiap 1000km tapi akan lebih baiknya kita mengikuti panduan dari buku serve yang ada, namun perlu diperhatikan jarak tempuh dan medan yang dilalui serta kondisi alam karena sangat mempengaruhi kondisi filter udara mobil, seperti jalan berdebu dan berpasir. Jika saringan udara tersebut dirasa telah rusak segera ganti dengan saringan udara yang baru agar tidak menimbulkan masalah baru pada mobil disel Anda.

1.Memeriksa Seal Mesin

Penyebab timbulnya asap putih pada mesin diesel dapat disebabkan oleh seal klep mesin yang aus. Seal klep mesin yang aus biasanya disebabkan karena adanya gesekan tidak wajar atau juga bisa karena overheating. Ketika seal klep rusak maka akan terjadi celah dan oli akan merembes ke dalam ruang pembakaran.

Untuk mengatasi dan menghindari hal yang lebih parah sebaiknya gantilah seal klep mesin dengan yang baru, jika sekiranya seal mesin Anda telah rusak atau aus.

2.Memeriksa Ecu Pada Mobil Diesel

Ecu merupakan kepanjangan dari Electronic Control Unit. Ecu yang tidak akurat juga dapat menyebabkan kepulan pada asap mobil. ECU yang tidak akurat membuat timing tidak pas dan membuat banyaknya semburan pada bahan bakar yang tidak sesuai sehingga membuat bahan bakar lebih boros dan terbuang sia-sia. Periksalah ke bengkel resmi untuk memeriksa komponen ini, karena membutuhkan alat khusus untuk pengecekan kondisi ECU.

3.Selalu Rutin Memeriksa Mesin Mobil Diesel

Yang terakhir adalah Anda harus selalu rutin memeriksa mesin dan perangkat-perangkat lainnya pada mobil. Dengan cara memperhatikan suara mesin, getaran mesin, pengecekan oli mesin, dan tenaga mesin saat dikendarai. hal ini bukan hanya berguna untuk menghindari kepulan asap tebal yang bisa saja terjadi, tetapi juga menghindari penyebab kerusakan lain pada mesin mobil Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here