Pincang” adalah kondisi dimana suara mesin tidak bisa berbunyi dengan putaran yang rata dan tenang baik itu saat stasioner atau langsam, gas tanggung hingga pada putaran tinggi. Beberapa kasus “pincang” berbunyi dengan tempo lebih lambat / jarang dan beberapa lainnya lebih rapat / cepat dan biasa kita sebut dengan istilah Mbrebet

Apa Penyebab Mesin Mobil Pincang?

Sebenarnya banyak faktor penyebab mesin mobil pincang, namun dalam banyak kasus penyebabnya utamanya adalah sistem pengapian yang kurang sempurna karena salah satu atau beberapa busi atau spark-plug yang tidak bekerja optimal atau bahkan ada busi yang mati.

Hal lain penyebabnya adalah salah satu kabel busi yang tidak bekerja sempurna dalam menghantarkan arus listrik hal ini tentunya menyebabkan kerja busi kurang optimal dalam pengapian sehingga bahan bakar terbuang dan menimbulkan busi basah dan kemungkinan busi menjadi mati.

Untuk mengatasi mesin mobil pincang kita bisa melakukan langkah langkah sebagai berikut,

  1. Hidupkan mesin
  2. Apabila suara mesin terdengar pincang coba cabut salah satu socket busi mulai dari busi kesatu dan apabila suara pincangnya bertambah berarti busi tersebut bekerja normal. Maka kita coba cabut socket busi yang kedua dan seterusnya. Jika pas kita cabut soket busi dan tidak berpengaruh apa-apa terhadap suara mesin maka artinya busi tersebut yang mati.
  3. Cabut atau buka busi yang mati tersebut, biasanya kalau sudah dicabut akan mendapati ujung pengapian busi nampak basah atau kotor.
  4. Bersihkan busi yang basah atau kotor tersebut dengan kain lap. Apabila tampak ada keraknya bersihkan memakai ampelas yang halus.
  5. Jika sudah bersih pasang kembali busi tersebut
  6. Hidupkan kembali mesin mobil

Bila penyebabnya busi kotor atau mati, biasanya setelah melakukan cara tersebut diatas maka mesin mobil akan bekerja normal kembali. Bagaimana kalau kita dapati ternyata setelah busi dipasang kembali tidak ada perubahan. Hal ini besar kemungkinan busi yang mati atau kabel busi yang mati atau putus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here