Mesin diesel merupakan mesin unik dengan tenaga dan torsi yang sangat besar dan juga terbilang irit terhadap penggunaan bahan bakar. Inilah sebabnya mesin diesel dipakai untuk mobil-mobil yang membutuhkan kemampuan sangat besar, yang diantaranya adalah seperti truk, bus, fuso hingga mobil sport utility vehicle atau yang familiar dengan sebutan SUV berspesifikasi tinggi seperti landcruiser, triton, hardtop dan bahkan ada juga pada beberapa mobil sedan.

Apa penyebab diesel runaway ?

Penyebab dari diesel runaway bisa beragam, seperti failure dari penghitungan ECU atau pompa solar rusak, kebocoran oil seal pada turbo dan secara tidak terkontrol terus mengirim bahan bakar.Seperti diketahui bahwa mesin diesel menggunakan pembakaran internal tanpa bantuan busi. Mesin diesel bekerja dengan mengkompresi udara dan solar sehingga dengan kepadatan udara menyebabkan panas dan solar terbakar dengan sendirinya meskipun itu adalah oli.

Yang terjadi pada saat diesel runaway engine adalah mesin akan langsung menuju putaran tertinggi. Jarum RPM biasanya langsung mentok ke putaran paling tinggi. Selain itu akan langsung diikuti dengan kepulan asap putih yang tak kunjung hilang. Di beberapa kasus, runaway ini terjadi sangat parah diluar kontrol apapun bahkan sampai mesin meledak dan mobil terbakar.

Apa saja hal yang harus dilakukan saat terjadinya diesel runaway ?

Jika sudah terjadi runaway maka yang bisa kita lakukan hanyalah keluar dari mobil secepat mungkin dan amankan lokasi agar jika terjadi apa-apa tidak menimbulkan kecelakaan dengan cara sebagai berikut.

 

  1. Pastikan gigi proseneling berada pada posisi netral (N).
  2. Tarik tuas rem tangan.
  3. Segera keluar dari mobil, keluarga juga segera keluarkan dan suruh menjauh.
  4. Beritahu orang (penduduk) yang ada di sekitar mobil untuk menjauh.
  5. Jika di jalan instruksikan mobil lain untuk berhenti.
  6. Tunggu sampai BBM habis atau sampai terjadi kerusakan mesin yang akan menghentikan pasokan bahan bakar.

Jika sudah demikian, tak banyak yang bisa dilakukan. Biasanya akan menunggu sampai solar atau oli mesin terbakar habis supaya mesin mati dan atau bahkan menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasokan solar terhenti.

Ada metode lain untuk mematikan kondisi demikian yakni menghentikan pasokan udara. Artinya adalah harus melepas saluran udara untuk menutupnya, akan tetapi harus pastikan penutupnya cukup kuat supaya tidak terhisap dan untuk hal ini harus punya nyali yang besar.

Hal tersebut karena kita harus dengan segera bereaksi dengan menutup ketika mesin panas dan putaran mesin sangat tinggi. Jika mobil menggunakan turbo bisa dengan menutup saringan udara dari mocong turbo, resikonya dikarenakan daya hisap tubo juga tinggi dikhawatirkan benda penutup tersebut ikut terhisap oleh turbo yang menyebabkan turbin turbo rusak atau patah akan masuk keruang bakar mesin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here