Mungkin bagi kalian yang mempunyai mobil dengan mesin diesel sering mengalami hal yang kurang mengenakan yakini mobil yang susah dihidupakan,tapi tenang di artikel ini kami akan memberikan kepada kalian mengenai penyebab mobil diesel susah dihidupkan serat tips menanganinya

 

1.Berkurangnya kompresi mesin

Mesin diesel adalah mesin Self Combustion (pembakaran sendiri) dan disebut juga Self Ignition Engine. Yang berarti bahwa mesin diesel tidak menggunakan busi seperti pada mesin bensin dikarenakan kompresi yang sangat tinggi pada ruang bakar menghasilkan suhu panas diatas batas normal yang sanggup membakar bahan bakar yang dikabutkan oleh Nosel (langkah penginjeksian).

Jika kepadatan kompresi pada ruang bakar mesin tidak memenuhi syarat maka proses hidup akan menjadi susah. Hal ini bisa disebabkan oleh

* Adanya kebocoran pada Klep.

* Ring Piston, Piston dan atau boring / Liner yang sudah aus.

  1. Nosel

 

Mesin diesel bisa menjadi susah hidup jika nosel tidak dapat mengabutkan bahan bakar dengan sempurna atau bisa juga karena bertekanan terlalu rendah dan sebaliknya (terlalu tinggi). Pemeriksaan yang termudah adalah dengan memasangkan nosel pada selang di luar Silinder head atau Deksel untuk melihat hasil penyemprotannya. Akan lebih memuaskan jika diperiksakan ke mekanik yang memiliki Nosel Tester dan ahli di bidang ini.

Nosel sebaiknya (seharusnya) diganti jika dalam keadaan macet, tetap ngencing (tidak bisa mengabutkan bahan bakar) meski sudah di bersihkan.

  1. Pompa Injeksi

Plunger yang sudah lemah tidak dapat memompakan bahan bakar ke dalam Nosel untuk diinjeksikan ke dalam ruang bakar dengan sempurna. Jika hal ini terjadi maka akan sangat sulit menghidupkan mesin diesel. Jika terpaksa dan herus dihidupkan untuk kebutuhan mendesak bisa memancing dengan Oli mesin, solar, minyak tanah atau bensin (dikucurkan secukupnya pada manifold).

Ada 2 cara dalam hal ini

* Buka tutup filter udara lalu tuangkan secukupnya

* Jika ada lobang kecil pada manifold, bisa langsung menuangkan ke dalamnya tanpa membuka tutup filter udara

Catatan : Jangan terlalu sering menggunakan metode ini apalagi bila memakai bensin sebagai materi pemancingnya, dapat mempercepat kerusakan mesin. Lekas perbaiki pompa injeksi.

  1. Masuk angin

Adanya angin palsu yang masuk ke dalam bahan bakar juga dapat mengganggu proses penghidupan mesin diesel. Periksa semua jalur bahan bakar dari tangki hingga pompa injeksi. Lakukan bleeding sampai angin benar-benar hilang.

Itulah penyebab-penyebab susahnya mesin diesel dihidupkan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua

Berikut ini kami berikan sedikit tips kepada kalian mengenai mein mobil diesel yang susah hidup

  1. Periksa kondisi bahan bakar, sebelum membongkar komponen yang lain sebaiknya periksa terlebih dahulu tangki bahan bakarnya apakah terdapat solar atau volume bahan bakar telah berkurang dan perlu untuk di isi lagi.kemudian periksa tekanan bahan bakar, apakah tidak ada sumbatan yang mempengaruhi suplai bahan bakar menuju ruang bakar.
  2. Periksa sistem kompresi pada mesin diesel anda,Cara yang paling sederhana yang kita lakukan ialah mengengkol mesin diesel dengan pelan kemudian lepas choke rocker arm bersamaan di lepaskanya putaran engkol mesinnya, bila dalam keadaan tersebut mesin masih berputar tanpa ada tekanan balik dari mesin maka bisa di pastikan bila sistem kompresinya telah hilang.bila hal ini terjadi maka yang perlu kita lakukan ialah membongkar silinder cop kemudian cek kondisi klep,bila sudah rusak maka klep harus di ganti dengan yang baru kemudian sekir klep dengan amril agar posisi klep dan bagian silinder cop tidak bocor
  3. Cek bagian bospom dan nozle, komponen ini adalah bagian untuk mendorong dan menyuplai solar ke bagian ruang bakar, bila salah satu dari ini ada yang macet/ rusak maka mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.
  4. Periksa bagian dalam mesin yaitu lihat kondisi ring piston dan juga silinder liner/ buring, bila ring piston telah aus maka kompresi akan kecil sehingga mesin diesel akan susah untuk di hidupkan.

Memperbaiki Mesin Diesel susah hidup sebenarnya sangat mudah bila kita sudah mengerti dengan baik sistem atau cara kerja dari mesin diesel tersebut dan komponen pada mesin diesel. dan yang tak kalah penting yaitu perawatan yang berkala serta cara pemakaian pada mesin diesel yang sesuai standar. kadang ada hal yang sebenarnya sepele namun bisa mengakibatkan mesin susah untuk di hidupkan seperti salah memasukkan bahan bakar misalnya, atau bahan bakar telat untuk di isi penuh sehingga suplai BBm terhambat dan ini menyebabkan dalam istilah di lapangan yaitu masuk angin atau pipa bahan bakar kemasukan udara sehingga bahan bakar tidak bisa mengalir lancar, bila hal ini terjadi cukup kendorkan baud pada ujung pipa solar yang ke bospom biarkan solar keluar sedikit untuk menghilangkan udara yang masuk lalu kencangkan kembali baudnya, kemudian mesin diesel sudah siap untuk di hidupkan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here