Banyak hal yang dapat menyebabkan mobil anda tidak bisa hidup,maka dari itu anda harus tau lebih dulu penyebab dan cara memperbaikinya,simak artikel dibawah ini:

Penyebab mobil fortuner tidak bisa hidup.

Berikut adalah penyebabnya

  • Bagian Karburator Sedang Terjadi Masalah
  • Bagian Switcher Starter Aus
  • Arus Listrik Aki Lemah
  • Arus Listrik Ke Bagian Terminal Mengalami Penurunan
  • Bahan Bakar Habis

Diatas adalah penyebab yang sering kai membuat mobil fortuner tidak bisa hidup,selanjutnya cara mengatasi mobil fortuner yang tidak bisa hidup

Solusi mobil fortuner tidak bisa hidup

Berikut adalah solusinya

  1. Socket dan Kunci Kontak
    Jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar suara dynamo starter yang bergerak, lebih baik periksa dahulu socket kunci kontak sebelum melihat kondisi aki. Sebab rusaknya kunci kontak juga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter karena kendornya socket yang menghubungkan kunci kontak dapat menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa menyala.
  2. Aki (Accu)

Kemudian yang harus kita periksa jika masalah mobil tidak bisa distarter adalah kondisi aki mobil tersebut karena sumber arus listrik terbesar berasal dari aki (accu). Jika kondisi cairan pada aki (accu) mobil sudah terlihat berkurang dan usia aki sudah lebih dari 2 tahun juga dapat mengakibatkan aki tekor serta tidak mampu untuk mengalirkan arus menuju ke starter mesin mobil. Untuk itu anda perlu memeriksa kabel kutub pada aki, apabila kotor karena kerak maupun jamur serta soket kepala aki kendor dapat mengganggu aliran listrik mobil.

  1. Kabel Sikring Utama
    Selain itu kabel sekering utama juga berpengaruh terhadap masalah starter mobil. Untuk itu periksa kondisi kabel sikring utama pada mobil memiliki posisi di dekat accu pada kutub positifnya, jika anda menemukan kabel sekeringnya ternyata putus ganti sekring dengan yang baru.
  2. Dynamo Starter
    Dinamo starter rusak dapat kita ketahui pada saat mobil distarter bunyi tek tek. Untuk itu segera perbaiki atau ganti dengan yang baru karena bisa jadi gear dinamo starter yang rusak, ciri – cirinya apabila terdengar suara dinamo berfungsi akan tetapi hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.
  3. Periksa kondisi dan Jalur Kabel-Kabel
    Dan yang terakhir yang menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala adalah kondisi kabel elektikal pada mobil yang mulai mengeras karena terdapat kemungkinan kabel ataupun serat kabel menjadi mudah putus. Kami sarankan jika anda membeli mobil yang sudah mempunyai usia lebih dari 10 tahun itu artinya sudah saatnya anda memperbarui kabel – kabel elektrik yang ada dan serahkan pengerjaan pada bengkel yang ahli dalam bidang perkabelan / urut kabel.
  4. Dynamo Ampere
    Penyebab mobil jadi susah di starter, karena dapat aki cepat drop atau tekor biasanya disebabkan dari pengisian alternator yang sudah kurang. Terlebih lagi jika mobil anda banyak menggunakan aksesoris elektronik / audio yang membutuhkan arus yang besar. Kelayakan kerja alternator harus menjadi perhatian kita, untuk itu segera ganti dengan yang berdaya lebih besar jika fungsi altenator sudah terganggu.

Demikianlah penyebab dan solusi supaya mobil fortuner tidak bisa hidup lagi,jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here