Ketika mobil tidak kuat nanjak itu menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri. Oleh karena itu kami akan memberi penjelasan tentang penyebab mobil tidak kuat nanjak.

Penyebab :

  1. Overheating Pada Mesin

perawatan mesin mobil memang sangat diperlukan. Mesin yang mengalami overheating akibat sistem pendinginan kendaraan yang tidak dapat bekerja secara optimal, maka akan menyebabkan komponen dalam mesin (komponen metal) memuai secara ekstrim.

  1. Pengapian yang Bermasalah

Pengapian sudah sangat jelas menentukan tenaga kendaraan, karena hal ini sangat berhubungan dengan kinerja proses pembakaran. Jadi, apabila sistem pengapian kendaraan mengalami masalah bisa diartikan tenaga mesin akan menurun.

  1. Filter Udara yang Kotor

Karena mesin membutuhkan asupan oksigen dari udara dalam proses pembakarannya. Apabila komponen filter udara di dalamnya sudah dipenuhi oleh kotoran baik baik debu ataupun kotoran yang lainnya, maka secara otomatis oksigen yang seharusnya diserap menjadi akan lebih sedikit. Karena pori-pori dari filter yang ada pada kendaraan tersebut tersumbat oleh kotoran yang berasal ari debu yang tadi. Selain itu filter yang kotor akan menjadi penyebab mobil ngebul dan juga berisik pada banyak kasus.

  1. Busi Kotor

Busi pada kendaraan tentunya memiliki fungsi yang sangat vital. Hal ini dikarenakan oleh kulalitas atau hasil akhir disistem pembakaran dipengaruhi oleh busi. Busi yang kotor atau diselimuti oleh kerak akan sangat menghambat proses pembakaran yang terjadi.

  1. Filter Bahan Bakar Kotor

Jika mobil anda mengalami hal demikian, dianjurkan untuk langsung mengecek bagian filter bensin. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan aliran bahan bakar yang disalurkan keruang bakar menjadi tidak lancar. Oleh karena hal tersbeut daya dalam mobil anda akan berkurang.

  1. Pasokan Udara yang Kurang

Udara merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi output mesin. Sebetulnya, kualitas udara pegunungan ynag lebih sejuk memiliki efek yang sangat baik untuk mesin. Karena udara dingin biasanya  memiliki molekul yang kecil sehingga pasokna udara akan maksimal. Tetapi jika ada masalah pada aur induction system, tetap saja mengakibtakan meisn akan hilang. Initnya adalah jika pasokan udara yang masuk kemesin kecil, maka tenaganya akan kecil. Begitupun sebaliknya.

  1. Turbo Vane Bermasalah

Setiap turbo dilengkapi dengan mekanisme turbo vane, yang berfungsi untuk mengatur boost pressure dari dari turbo. Jika boost pressure tidak diatur, maka dapat mengakibatkan overboost atau suplai udara yang berlebihan sehingga akan meningkatkan rasio kompresi akibatnya mesin bisa saja knocking dan overheating.

  1. Kopling Habis

Jika plat kopling mobil anda sudah aus, maka tenaga mesin tidak bisa disalurkan ke transmisi, karena pasti akan slip. Begitu pula ketika konsisi menanjak, saat kpling tipis atau habis putaran mesn hanya nge-loss dan tidak akan sanggup menggerakkan kendaraan.

9.Penggunaan Ban Dengan Tapak Lebar

Mobil yang menggunkaan ban besar memang terlihat mewah dan terkesan gagah dan kokoh. Memang menggunakan ban dengan ukuran yang lebar juga dapat menambah kestabilan kendaraan saat berjalan. Namun, tapak ban yang lebar juga menambah kebutuhan daya mesin.

Itulah sedikit penjelasan tentang “penyebab mobil gak kuat nanjak” semoga informasi yang kami berikat dapat bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here