Kita pasti akan merasa sanagt tidak nyaman ketika mobil yang kita kendarai bergetar, maka dari itu kaliin kita akan sedikit menjelaskan tentang apa saja penyeba mobil anda bergetar

Penyebab :

  1. Ban

Ban bisa menjadi pemicu awal yang bisa dengan mudah terlihat. Seperti ban anda mempunyai benjolan yang bisa membuat perjalanan anda tidak rata. Penyebab benjolan di ban bisa saja dikarenakan ban anda sudah tidak layak pakai. Segeralah mengganti ban anda hal ini bisa mengakibatkan ban anda tiba-tiba bocor di saat anda sedang membawa mobil dalam kecepatan tinggi.

  1. Velg

Kondisi velg yang penyok bisa membuat kondisi perjalanan anda menjadi tidak nyaman. Velg yang bengkok atau mengalami penyok disebabkan anda mungkin sering atau pernah melalui jalanan berlubang dalam kecepatan tinggi sehingga tanpa anda sadari benturan yang dihasilkan membuat sebuah penyok dalam velg anda dan membuat penyebab mobil anda bergetar saat kecepatan rendah.

  1. Engine Mount

Jika ada kerusakan pada komponen ini maka daya getar pada mesin tidak bisa ditahan dan getaran akan terasa sampai dalam kabin sehingga anda merasa mobil anda bergetar. Kondisi ini sangat jarang terjadi karena kerusakan engine mount terjadi apabila anda pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan depan yang parah.

  1. As Roda

As roda bisa juga menjadi penyebab mobil bergetar jika anda membawa mobil. Tidak hanya kecepatan tinggi tetapi juga disaat anda membawa mobil dengan kecepatan rendah. Perputaran yang tidak stabil akan membuat getaran yang simultan di bidang pergerakan ban sehingga getaran pun terjadi.

  1. Mesin

Kerusakan mesin akan segera dengan mudah diketahui jika anda sering melakukan perbaikan berkala. Tidak adanya suplai kelistrikan yang stabil atau komponen mesin lain seperti piston yang tidak bekerja secara maksimal membuat mesin anda mengalami kendala untuk mencapai performa maksimal.

  1. Kampas Kopling

Kampas kopling yang habis atau aus bisa menyebabkan mobil anda bergetar. Getaran ini bisa disebabkan permukaan flywheel anda tidak rata.

  1. Cross Joint Propeller Shaft

Jika anda memiliki kendaraan dengan penggerak roda belakang dengan propeller, kerusakan komponen ini akan menyebabkan mobil anda mengalami getaran dibagian belakang dan akan mengganggu keseimbangan mobil anda dalam situasi kecepatan rendah dengan arus jalan yang lurus.

  1. Shockbreaker

Shockbreaker merupakan komponen utama di kendaraan anda. Fungsinya untuk meredam getaran disaat jalanan tidak rata. Namun kerusakan shockbreaker akan terasa jika kecepatan kendaraan anda tinggi, tetapi jika anda merasakan getaran saat anda melaju di kecepatan rendah itu tandanya kerusakan shockbreaker anda sudah parah.

  1. Busi

Di mobil biasanya memiliki busi sebanyak empat buah. Salah satunya saja yang mati akan membuat mesin kamu pincang dan gejala awalnya adalah mesin mobil anda bergetar jika dibawah jalan..

  1. Piston

Piston bisa menjadi pemicu mobil bergetar karena kerusakan piston membuat pergerakan atau tenaga mesin menurun dan mengalami kendala yang bisa membuat pergerakan mesin mobil bergetar saat dijalankan.

 

Nah, itu adalah beberapa penjelasan tentang “Penyebab Mobil Getar” semoga artikel ini dapat membantu anda. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here