Ketika mobil  yang anda kendarai bergoyang  tentunya itu sangat tidak nyaman, bahkan bisa saja dapat menimbulkan kecelakan. Oleh karena itu konsisi ketika mobil anda bergoyang tidak dapat dibiarkan bergitu saja karena tentunya akan sangat membahayakan nah, kali ini kami akan sedikit menjelaskan apa saja penyebab yang dapat menimbulkan mobil anda bergoyang.

Berikut adalah penyebab mobil anda “bergoyang” :

  1. Masalah Pada Mesin

Penyebab mobil bergoyang yang paling utama terjadi dikarenakan kerusakan pada mesin kendaraan. Kondisi mesin yang bergetar ini bahkan dapat membuat mobil yang baru sekalipun dapat terasa limbung ketika dikendarai. Hal ini dipicu karena proses pembakaran yang tidak sempurna akibat kombinasi udara dan bahan bakar yang tidak seimbang di dalamnya. Selain itu, penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan tekanan bahan bakar yang kurang memadai di dalam ruang bahan bakar. Untuk mengetahui kondisinya, sebaiknya dilakukan pengecekan dengan melihat langsung pada kondisi busi dan aki. Pastikan tidak terdapat percikan api di sekitar 2 komponen tersebut. Kerusakan bagian mesin lainnya juga bisa dikarenakan komponen EM yang mungkin sudah lama digunakan. Apalagi jika akselerasi dan deselerasi sering dilakukan secara tiba-tiba, hal ini mengakibatkan kerja EM menjadi terlalu ekstra untuk bisa menahan gerakan.

  1. Kondisi Permukaan Ban Yang Sudah Tidak Mulus

Penyebab lainnya bisa dikarenakan kondisi ban yang sudah tidak mulus lagi. Kondisi ini lah yang memicu mobil terasa bergoyang ketika dikendarai terutama saat kecepatan tinggi. Penyebabnya mungkin saja dikarenakan adanya benjolan yang ada pada permukaan ban mobil. Hal ini biasanya dikarenakan ban mobil menghantan benda yang keras saat kecepatan tinggi sehingga menimbulkan adanya gelombang pada bagian permukaan ban.

  1. Kondisi Rem Terlalu Keras

Seiring dengan usia pakai, tentu saja komponen rem akan mengalami perubahan bentuk, misalnya bergelombang. Kondisi ini mengakibatkan getaran yang kuat saat menginjak pedal rem sehingga terasa getaran saat mobil dikendarai.

  1. Masalah Pada Roda

Bagian yang bermasalah mungkin saja pada bagian roda. Biasanya ini dikarekanakan salah satu roda atau lebih menahan beban berlebihan. Sehingga untuk mengatasi hal ini diperlukan penggantian pada bantalan roda.

  1. Masalah Pada Poros Roda

Penyebab mobil bergoyang lainnya bisa jadi dikarenakan kondisi poros roda yang sudah tidak lurus lagi. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya tabrakan atau kecelakaan yang pernah dialami mobil. Getaran atau goyangan mobil tersebut juga akan bertambah parah seiring dengan kecepatan mobil. Masalah ini biasanya terkait dengan kondisi gardan sehingga penting dilakukan pemeriksaan rutin.

  1. Velg Mobil

Kondisi velg mobil yang rusak menjadi salah satu faktor yang juga memicu trasanya getaran saat mobil dikendarai. Velg mobil yang rusak bisa diakibatkan karena benturan dengan benda yang keras atau berkarat. Kondisi velg seperti ini akan sulit untuk dibalance. Jika dipaksa untuk digunakan terus menerus akan terasa meliuk-liuk yang mana membahayakan saat dikendarai.

 

Sekian penjelasan tentang “Penyebab Mobil Goyang” semoga pada artikel kita kali ini dapat menambah membantu masalah anda. Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here