Menyebalkan ketika mobil yang ingin anda kendarai kehilangan setrum dan tak dapat dinyalakan. Nah, kali ini kami akan memberi info tentang penyebab kenapa mobil anda bisa kehilangan setrum.

Berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

 A. Aki

Kerusakkan pada aki (khususnya aki basah)  yang kerap terjadi adalah sel aus dan getas.  Kerusakkan ini bisa terjadi pada aki masih relatif baru.  Hal itu dikarenakan, anda terlambat mengisi air aki. Karena itu sangat disarankan rutin memerikasa kondisi aki. Cara paling gampang adalah dengan melihat indikator warna yang ada di aki. Bila indikator masih memperlihatkan warna bitu berarti kondisi aki masih bagus. Bila merah, sebaliknya.

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah, kabel aki mengalami korosi. Akibatnya arus listrik yang disalurkan ke mesin tidak maksimal. Cara untuk mengatasinya, cukup bersihkan terminal aki secara rutin dan lindungi sambungan kabel di terminal dengan pembungkus yang bisa dibeli di toko onderdil.

B. Alternator                                                                                                          Bila alternator bermasalah, maka mobil akan mogok. Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

  1. Gulungan kawat tembaga putus                                                                      meski hanya satu diantara beberapa gulungan, namun hal itu akan mengganggu arus listrik.
  1. Diode putus                                                                                                Biasanya terdapat enam diode di alternator. Namun, meski hanya satu diode yang bermasalah, namun sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.
  1. Kabel  mengalami korosi                                                                                  Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki mengalami korosi. Akibatnya, aliran listrik ke aki tidak maksimal. Akibat kondisi ini mesin mobil sulit sekali dihidupkan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin kabel tersebut.
  1. Arang atau brush habis                                                                                      Bila komponen ini habis maka medan magnet di alternator tidak akan bekerja. Akibatnya proses pembentukan arus listrik di peranti itu tidak akan terjadi.

C. Voltage regulator

Masalah yang muncul di komponen ini biasanya disebabkan oleh permasalahan di alternator atau aki. Gejala permasalahan di komponen ini cukup mudah dikenali, yaitu bila bohlam lampu dan sekring listrik cepat putus.

Bila menemui gejala seperti itu, segera lakukan perbaikan. Bila tidak, perangkat atau aksesori mobil yang menggunakan sumber listrik akan cepat rusak. Selain itu, aki akan mengalami kelebihan arus sehingga meleleh dan bahkan bisa meledak.

 

Sekian penjelasan kita kali ini. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here