Banyak hal yang menyebabkan mobil kehilangan tenaganya. dan sekarang kami akan menjelaskan beberapa penyebab mobil kehilangan tenaganya.

Berikut penyebab mobil kehilangan “tenaga” :

1. Pasokan Udara yang kurang
Udara merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi output mesin. Sebetulnya, kualitas udara pegunungan yang berhawa sejuk memiliki efek baik untuk mesin. Karena udara dingin memiliki molekul yang kecil sehingga pasokan udara akan maksimal. Tapi jika ada masalah pada aur induction system, tetap saja tenaga mesin hilang.

2. Saluran bahan bakar kotor
Saluran bahan bakar mobil terdiri dari tanki hingga injektor. Jika ada kotoran masuk ke sistem injeksi, otomatis akan terjadi sumbatan. Sumbatan pada sistem injeksi mobil bisa mengakibatkan mesin pincang, loss power bahkan mogok.

3. Turbo vane bermasalah
Setiap turbo dilengkapi dengan mekanisme turbo vane, fungsinya untuk mengatur boost pressure dari turbo. Jika boost pressure ini tidak diatur maka bisa menyebabkan overboost atau suplai udara yang berlebihan sehingga akan meningkatkan rasio kompresi. Akibatnya mesin bisa knocking dan overheating.

4. Kopling habis
Jika plat kopling sudah aus, maka tenaga mesin tidak bisa disalurkan ke transmisi karena pasti akan slip. Begitu pula ketika menanjak, saat plat kopling tipis atau habis putaran mesin hanya nge-loss dan tidak sanggup menggerakan kendaraan.

5. Penggunaan ban dengan tapak lebar
Semakin lebar tapak ban maka semakin lebar pula luas penampang yang menahan beban kendaraan. Sehingga beban mobil akan terbagi lebih banyak yang menimbulkan kestabilan lebih baik namun lebih berat jika didorong.

6. Beban Mobil berlebihan
Masih berhubungan dengan point nomor 4, tapi untuk kali ini masalahnya ada pada akomodasi. Jika mobil anda memiliki spesifikasi seperti SUV diatas, Oke lah, dengan kondisi kabin penuh bisa menaklukan tanjakan.

Itulah sedikit penjelasan tentang “penyebab mobil kehilangan tenaga” semoga informasi yang kami berikat dapat bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here