Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini  Penyebab Mobil Jalan Goyang.

 Penyebab Mobil Jalan Goyang

  1. Kemacetan Pada Cross Joint Propeler Shaft

Biasnaya ini berlaku pada mobil-mobil yang didukung dengan sistem penggerak roda belakang yaitu propeler shaft. Fungsi dari propeler ini adalah untuk meneruskan tenaga yang berasal dari sistem transmisi menuju gardan. Tidak hanya mampu untuk berputar lembut saja namun juga harus bergerak naik tuurn dengan lembut dikarenakan perubahan pada gardan mobil.

Pada setiap ujung dari propeler memiliki universal joint atau cross joint yang berfungsi agar ujung propeler dapat bergerak fleksibel. Namun jika bagian ini macet, meskipun mobil berjalan pelan tetap akan terasa getaran diakibatkan tenaga yang berasal dari sistem transmisi tidak dapat diteruskan dengan lembut dan merambat hingga ke badan mobil.

Untuk itu lah dibutuhkan balance pada propeler shaft yang ditujukan agar komponen dapat berputar dengan seimbang. Sehingga pada saat melakukan service mobil, pastikan jika baut-baut yang mengikat komponen diperiksa. Apakah ada bagian yang kendor atay tidak. Jika sampai baut terlepas maka dapat menghantam tangki bensin yang kemudian menyebabkan kebocoran. Bahkan kondisi terburuknya adalah hal ini dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Untuk itu lah pentingnya melakukan pengecekan pada bagian cross joint, untuk mengeceknya tentu harus dilakukan pembongkaran. Namun untuk membongkar komponen-komponen ini tentunya dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian.

  1. Engine Mouting Mesin

Komponen ini memiliki fungsi sebagai peredam utama yang berasal dari mesin menuju body mobil. Pada mobil biasa setidaknya terdapat minimal 3 engine mouting. Kerusakan yang terjadi pada engine mouting biasa tidak terjadi ketika mobil berjalan namun pada saat mobil di starter dan sesaat setelah mesin dimatikan. Getaran mesin akan terasa lebih besar dibandingkan biasanya. Untuk mengecek kerusakan pada engine mouting, aka dibutuhkan pengecekan langsung dengan cara melihat engine mouting mana yang mengalami kerusakan.

  1. Velg Roda Yang Penyok

Penyebab mobil goyang saat kecepatan rendah lainnya dapat dikarenakan kerusakan pada bagian velg mobil. Jika kondisi velg mobil sudah penyok dan tidak presisi lagi, makamenjadi penyebab mobil bergoyang . Ketika ban mobil berputar akan terasa oleng dan kemudian getaran tersebut diteruskan menuju body mobil. Velg mobil yang rusak biasanya berada pada bagian depan mobil.

Gejala-gejala yang dirasakan biasanya  setir terasa goyang-goyang dengan sendirinya. Bahkantak jarang jika velg yang rusak dapat menimbulkan bunyi-bunyi dikarenakan kontak ban pada jalanan yang kurang sempurna. Jika kondisi velg anda memang sudah rusak, maka segera ganti velg mobil anda dengan yang baru. Ada banyak macam macam velg mobil yang ada di pasaran, pastikan untuk memilih velg mobil yang sesuai dengan spesifikasi dengan kualitas terbaik.

  1. Keausan Pada Kampas Kopling dan Cover Clutch

Komponen kopling mobil yang mengalami keausan juga menjadi penyebab mengapa mobil terasa goyang ketika dikendarai dalam kecepatan rendah. Ada 3 komponen penting di dalam kopling yaitu flywheel, kampas kopling, dan penutup kampas kopling. Getaran yang dirasakan biasanya berasal dari permukaan flywheel yang tidak rata dan aus. Untuk mengatasinya, anda bisa mengganti kopling sekaligus menghaluskan permukaan flywheel kembali.

Beberapa orang biasanya langsung melakukan penggantian satu set kopling. Namun solusi ini sebenarnya tidak dapat membereskan permasalahan yang ada karena sumbernya yang berasal dari flywheel. Jika anda memperbaikinya di bengkel-bengkel resmi, anda bisa mengukur kerataan permukaan flywheel dengan alat dial gauge.

  1. Permukaan Ban Yang Menggelembung

Penyebab lainnya bisa terjadi dikarenakan permukaan ban mobil yang sudah menggelembung. Karena kondisi ban yang sudah tidak rata menyebabkan mobil bergoyang meskipun digunakan dalam kecepatan yang rendah sekalipun. Penyebab ban mobil yang menggelembung ini dapat dikarenakan kebiasaan pengendara yang menggunakan mobil dalam kecepatan tinggi di jalanan yang rusak dan bergelombang.

Untuk mengatasinya anda bisa mencoba untuk mengganti ban mobil dnegan yang baru sehingga tidak menyebabkan bahaya ketika dikendarai. Jangan lupa untuk memperhatikan motif ban mobil, perhatikan kedalaman nya apakah masih baik atau tidak. Jangan lupa untuk melakukan tips merawat ban mobil dengan baik sehingga kondisi ban tetap terjaga meskipun digunakan setiap harinya.

  1. Masalah Pada Shockbreaker

Shockbreaker adalah komponen yang cukup vital dalam kendaraan, fungsi komponen ini adalah untuk meredam getaran ketika berada di jalananyang kurang rata. Namun jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka mobil akan terasa goyang sekalipun digunakan dalam kecepatan yang rendah.

Untuk mengatasinya maka tentu saja perlu dilakukan penggantian dengan komponen yang baru. Akan tetapi jika kondisi shockbreaker masih baru, maka dapat dipastikan jika masalah dikarenakan pemasangan yang kurang tepat. Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi utnuk memastikan penyetelan pada shocbreaker mobil anda.

Pada saat ingin bepergian jauh, sering sering rutin mengecek mobil anda Agar masalah ini tidak terjadi lagi.
Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.  Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana Penyebab Mobil Jalan Goyang Goyang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here