Mobil menjadi miring memang menjadi problem yang sangat menakutkan, karena mobil miring bisa saja menjadi penyebab kecelakaan dalam berkendara. Apalagi bila kita sedang jalan-jalan bersama keluarga.

Hal ini paling terasa saat tangan lepas dari setir, lari mobil jadi seolah ngebuang ke kanan atau kiri. Karena hal tersebut, otomatis kenyamanan jadi terganggu. Tenaga yang dibutuhkan tangan untuk menahan setir jadi lebih besar dan bisa menjadi cepat lelah.

PENYEBAB DAN SOLUSI NYA ADALAH :

Masalah setir ngebuang paling utama berasal dari sektor kaki-kaki, mulai dari suspensi sampai roda.

  • Faktor utama yang sering ditemukan yaitu kondisi ban sudah mulai menurun .Bisa karena tapak mulai botak atau kualitasnya yang kurang bagus. Jangankan kondisi tapak ban. Pemakaian ban beda merek walau dengan ukuran yang sama, terkadang bisa membuat arah mobil ngebuang loh.

 

  • Jangan lupakan juga peranan wheel alignment dan balancing pada roda. Baiknya lakukan pengecekan dan penyetelan setiap enam bulan sekali atau pada 10.000 km. Wheel alignment dibutuhkan untuk menyamakan dudukan roda agar tetap dalam posisi standarnya. Sekalian proses ini, yang harus dicek juga yaitu sudut camber roda. Bisa saja, karena setelannya kurang minus, caster dan toe juga bisa sekalian dicek.

 

  • Kemudian perhatikan juga kondisi tie-rod dan long tie-rod. Jika sudah mulai aus, baiknya segera ganti baru agar tidak mengorbankan kenyamanan berkendara.

 

  • Setelah semua komponen kaki-kaki dan roda dicek. Hal sepele yang cukup berperan pada problem setir ngebuang atau jalan miring yaitu tekanan angin. Tekanan angin ban harus rutin dicek untuk memastikan ada dalam tekanan yang normal. Kalau salah satu ban kempes, otomatis jadi miring

 

  • Selebihnya, cukup dengan perawatan dan pengecekan rutin saja. Seperti merotasi ban agar karetnya habis dengan sempurna. Apabila setir yang ngebuang terasa ketika rem diinjak. Artinya, salah satu kinerja rem ada yang macet.

Beberapa langkah memang bisa dilakukan untuk mengatasi  ataupun mencegah masalah jalan miring pada mobil. Kurang lebih penyebab mobil jalan miring ini dikarnakan beberapa poin di atas tersebut. Jangan tunggu sampai rusak lebih parah dan segera atasi. Masalah mobil jalan miring ini bisa menurunkan merusak mobil saat digunakan dalam jangka panjang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here