Ketika anda sedang mengendarai mobil tapi mobil anda bergoyang itu sangatlah tidak menyenangkan dan  bahkan bisa saja dapat menimbulkan ke tidaknyamanan, dan keadaan ini juga sewaktu waktu dapat menjadi penyabab dari sebuah kecelakaan. Oleh karena itu kami akan sedikit menjelaskan apa saja penyebab mobil anda bergoyang ketika berjalan.

Penyebab :

  1. Kemacetan Pada Cross Joint Propeler Shaft

Biasanya ini berlaku pada mobil-mobil yang didukung dengan sistem penggerak roda belakang yaitu propeler shaft. Fungsi dari propeler ini adalah untuk meneruskan tenaga yang berasal dari sistem transmisi menuju gardan. Tidak hanya mampu untuk berputar lembut saja namun juga harus bergerak naik tuurn dengan lembut dikarenakan perubahan pada gardan mobil.

  1. Engine Mouting Mesin

Komponen ini memiliki fungsi sebagai peredam utama yang berasal dari mesin menuju body mobil. Pada mobil biasa setidaknya terdapat minimal 3 engine mouting. Kerusakan yang terjadi pada engine mouting biasa tidak terjadi ketika mobil berjalan namun pada saat mobil di starter dan sesaat setelah mesin dimatikan. Getaran mesin akan terasa lebih besar dibandingkan biasanya.

  1. Velg Roda Yang Penyok

Penyebab mobil goyang saat kecepatan rendah lainnya dapat dikarenakan kerusakan pada bagian velg mobil. Jika kondisi velg mobil sudah penyok dan tidak presisi lagi, makamenjadi penyebab mobil bergoyang. Ketika ban mobil berputar akan terasa oleng dan kemudian getaran tersebut diteruskan menuju body mobil. Velg mobil yang rusak biasanya berada pada bagian depan mobil.

  1. Keausan Pada Kampas Kopling dan Cover Clutch

Komponen kopling mobil yang mengalami keausan juga menjadi penyebab mengapa mobil terasa goyang ketika dikendarai dalam kecepatan rendah. Ada 3 komponen penting di dalam kopling yaitu flywheel, kampas kopling, dan penutup kampas kopling. Getaran yang dirasakan biasanya berasal dari permukaan flywheel yang tidak rata dan aus.

  1. Permukaan Ban Yang Menggelembung

Penyebab lainnya bisa terjadi dikarenakan permukaan ban mobil yang sudah menggelembung. Karena kondisi ban yang sudah tidak rata menyebabkan mobil bergoyang meskipun digunakan dalam kecepatan yang rendah sekalipun. Penyebab ban mobil yang menggelembung ini dapat dikarenakan kebiasaan pengendara yang menggunakan mobil dalam kecepatan tinggi di jalanan yang rusak dan bergelombang.

  1. Masalah Pada Shockbreaker

Shockbreaker adalah komponen yang cukup vital dalam kendaraan, fungsi komponen ini adalah untuk meredam getaran ketika berada di jalananyang kurang rata. Namun jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka mobil akan terasa goyang sekalipun digunakan dalam kecepatan yang rendah.

 

Sekian sedikit penjelasan dari kami. Semoga artikel kali ini dapat membantu masalah anda. Jika anda ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here