Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini  Penyebab Mobil Tersendat Sendat.

 Penyebab Mobil Jalan Tersendat-sendat

  1. Bahan Bakar Mau Habis

Salah satu penyebab yang sering terjadi mengapa tarikan mesin mobil terasa tersendat adalah bahan bakar yang akan habis. Hal ini mungkin saja akan terjadi pada anda yang kurang begitu memperhatikan kondisi mobil. Mungkin anda lupa mengecek indikator bahan bakar ataupun terdapat kerusakan pada indikator bahan bakar yang belum anda ketahui. Sehingga bensi atau solar habis tanpa anda sadari. Jika masalah ini menjadi penyebabnya, maka hal yang harus anda lakukan adalah mengisi kembali bahan bakar kendaraan anda. Jangan lupa untuk memperbaiki indikator bahan bakar jika memang terjadi kerusakan sehingga kondisi ini tidak akan terjadi lagi. Selalu periksa volume bahan bakar mobil sebelum akan digunakan.

  1. Filter Bahan Bakar Bermasalah

Filter bahan bakar merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang akan masuk ke dalam ruang proses pembakaran. Jika bahan bakar yang anda gunakan kurang bersih, maka tentu saja akan banyak kotoran yang menumpuk pada filter bahan bakar yang kemudian menyebabkan aliran bahan bakar menjadi terhambat. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan akselerasi menjadi tidak lancar dan seperti tersendat-sendat seperti terbatuk. Mobil anda mungkin masih dapat berjalan karena sisa bensin yang ada di selang ataupun ruang pembakaran. Namun hal ini akan menyebabkan mengendarai terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya maka tentu saja anda harus mengganti filter bensin dengan komponen yang baru. Ada dua jenis filter bensin yang digunakan, pada ruang mesin sebelum ruang pembakaran serta pada tangki bahan bakar. Sehingga cobalah periksa kondisi kedua  filter bensin jika mobil terasa tersendat saat digunakan.

Selain itu tangki bahan bakar juga perlu untuk dikuras meskipun bahan bakar tidak sedang tersumbat. Untuk mobil baru, ada beberapa perlakuan khusus yang perlu anda lakukan. Paling tidak, lakukan pengurasan setelah usia mobil anda melebihi 5 tahun. Tak hanya dapat membersihkan kotoran yang terendap di dalam tangki, namun caraini juga efektif untuk mengantisipasi jika terdapat senyawa baru maupun  mencegah korosi di dalam tangki.

Selain itu perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin saja menyebabkan permasalah pada filter bahan bakar. Jangan sesekali membiarkan kondisi tangki kosong karena akan memicu korosi. Udara panas yang ada di dalam tangki akan berubah bentuk menjadi embun ketika mobil tidak digunakan. Reaksi kimia ini lah yang kemudian membentuk senyawa baru yang membahayakan kondisi mesin kendaraan. Selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh pabrikan mobil.

  1. Mesin Yang Terlalu Panas

Penyebab tarikan mobil tersendat lainnya dapat dikarenakan kondisi mesin yang terlalu panas. Hal ini juga terkadang menjadi penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan. Ciri-cirinya akan sangat jelas terlihat seperti mesin mobil ngelitik dan jalannya yang tersendat-sendat. Mesin mobil yang terlalu panas akan membuat tenaga mobil menjadi menurun drastis dan membuatnya tersendat. Penyebab mesin mobil cepat panas seringkali dikarenakan radiator mobil yang bermasalah. Biasanya dikarenakan air radiator yang habis. Hal ini yang kemudian menyebabkan selang bypass menjadi rusak atau sobek dan menyebabkan kebocoran pada radiatir. Untuk solusi mengatasi hal ini maka anda perlu mengganti selang bypass dengan yang baru. Segera bawa ke bengkel khusus yang menangani radiator untuk ditangani langsung oleh teknisi yang sudah ahli.

Namun sebelunya, anda bisa mengecek terlebih dahulu indikator suhu pada dashboard mobil. Hal ini cukup efektif ketika anda sedang mengemudi di jalan. Yang paling penting adalah selalu lakukan pengecekan rutin pada air radiator mobil anda. Jangan sampai volume air habis yang akan membuat kerusakan fatal pada mesin kendaraan anda.

  Masalah Pada Sistem Pengapian

Untuk masalah pada pengapianm ada beberapa komponen yang perlu anda cek mulai dari koil, busi, serta kabel busi. Biasanya komponen-komponen tersebutlah yang dapat menyebabkan mesin brebet dan tersendat. Tanda-tanda yang bisa dirasakan adalah gejala mobil tersendat pada semua tingkat kecepatan. Hal ini dikarenakan pasokan bahan bakar tidak sampai dan menyebabkan kondisi mesin kurang prima. Kondisi pengapian yang kurang baik terkadang menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan over supply bahan bakar. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa melakukannya dengan mudah di malam hari. Letakkan mobil di tempat yang gelap dan kemudian nyalakan mesin. Perhatikan kondisi piranti pengapian, akan muncul seperti percikan api jika terjadi kebocoran di dalamnya.

Cara lainnya untuk mengatasi mobil yang terasa tersendat adalah dengan melakukan tunep up di bengkel mobil. Namun jika penanganan tune up tetap tidak dapat memperbaiki kondisi mobil, maka cara selanjutnya adalah dengan pemeriksaaan menyeluruh pada setiap komponen oleh teknisi yang ahli. Jangan membiarkannya begitu saja karena dapat menyebabkan kondisi kerusakan yang semakin parah. Nah itu tadi penjelasan mengenai beberapa penyebab tarikan mobil tersendat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Pada saat ingin bepergian jauh, sering sering rutin mengecek mobil anda Agar masalah ini tidak terjadi lagi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.  Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana Mobil Innova tidak mau di gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here