Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini  Penyebab Mobil Jalannya Tersendat Sendat.
  Penyebab Mobil Jalannya Tersendat Sendat
  1. Masalah Pada Sistem Bahan Bakar

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab mobil jalan tersendat-sendat ketika digunakan adalah masalah sistem bahan bakar. Untuk itu anda bisa mengecek komponen-komponen pada sistem bahan bakar, mulai dari injektor, karburator, pompa, filter dan masih banyak lainnya. Misalnya saja kerusakan pada filter bensin, biasanya terjadi karena kondisinya yang kotor dan tersumbat dengan banyak kotoran yang mengendap pada tangki bahan bakar. Penyebabnya tentu saja dikarenakan tangki bahan bakar yang sudah lama tidak dilakukan pengurasan.

Untuk mengatasinya, maka segera bersihkan filter bensin mobil anda. Namun jika kondisinya sudah cukup parah, maka anda bisa menggantinya dengan yang baru agar permasalahan tersebut tidak kembali muncul. Selain itu jangan lupa untuk melakukan pengurasan rutin pada tangki bahan bakar. Pada mobil-mobil baru setidaknya lakukan pengurasan ketika mobil sudah mencapai usia 5 tahun.

Tak hanya membersihkan kotoran yang mengendap di dalannya, cara ini juga dapat mengurangi resiko senyawa baru yang dapat mencegah korosi. Selain itu lakukan hal-hal lainnya dapat merawat filter bensin anda, seperti dengan tidak membiarkan tangki bensin dalam kondisi yang kosong karena dpaat menyebabkan korosi. Hal ini karena udara panas yang ada di dalam tangki berubah menjadi embun ketika mobil sedang tidak digunakan. Selain itu gunakanlah bahan bakar yang memang sesuai dengan mobil anda sehingga tidak akan mempengaruhi usia penggunaan filter bensin.

  1. Masalah pada Sistem Pengapian

Hal ini akan makin terasa ketika mobil berada di jalan tanjakan, kerusakan pada sistem pengapian menjadi salah satu penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan. Biasanya ini dikarenakan setting pengapiannya yang kurang tepat sehingga menyebabkan mobil jalan tersendat-sendat. Hal ini dipengaruhi kondisi busi mobil anda. Dalam proses pengapian, busi akan mengeluarkan bunga api yang digunakan untuk membakar bahan bakar. Jika pengapian tidak sesuai dengan timing proses pembakaran bahan bakar, hal inilah yang menyebabkan mobil menjadi tersendat-sendat.

Biasanya mobil berjalan tersnedat-sendat akan sangat terasa pada semua tingkat kecepatan, dikarenakan pasokan bahan bakar atau api yang tidak sempurna. Untuk pengecekannya, bisa anda lakukan di malam hari ataupun ketika berada di ruangan yang gelap. Anda dapat menyalakan mesin kendaraan dan kemudian mengamati jika terdapat api yang muncul atau tidak.

Selain itu bersihkan komponen busi dan rapatkan kembali celah busi, hingga sekitar 0,6-0,7 mm. Rapatkan dengan menggunakan fuller gauge. Jika kerusakan masih tetap terjadi, anda bisa mengganti semua busi dengan komponen yang baru. Selain itu lakukan perawatan pada busi kendaraan agar usia pakai nya dapat bertahan lama. Berikut ini beberapa tips untuk merawat busi mobil.

  • Cek kondisi penutup busi, apakah masih dalam kondisi yang bagus atau tidak. Periksa apakah longgar atau tidak, jika memang sudah longgar segera gantu dengan yang baru. Kepala busi yang sudah longgar bisa menyebabkan busi mudah terlepas dan kemudian menyebabkan mesin mati mendadak
  • Jangan lupa untuk membersihkan lubang busi dari segala kotoran-kotoran yang menempel. pada busi mobil, anda bisa menggunakan angin kompresor untuk membuang kotoran keluar dari lubang busi.
  • Selain itu bersihkan pula bagian elektroda dan keramik busi. Agar tidak ada kerak-kerak yang menempel pada sekitar elektroda busi.
  1. Masalah Pada Sistem Perintah

Penyebab lainnya dapat dikarenakan masalah pada sistem perintah, hal ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah dilengkapi mesin pemberi serta penerima perintah. Jika mesin ini bermasalah, maka tentu saja menjadi penyebab mobil brebet di rpm rendah. Ada beberapa komponen yang perlu anda lakukan pengecekan terkait mesin pemberi dan penerima perintah seperti ECU, chamsaft sensor, air flow, dan crank sensor. Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya anda segera bawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk ditangani oleh teknisi yang memang ahli di bidangnya.

Pada saat ingin bepergian jauh, sering sering rutin mengecek mobil anda Agar masalah ini tidak terjadi lagi.
Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.  Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana Mobil Jalannya Tersendat Sendat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here