Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini  Penyebab Mobil Kijang Brebet.

 Penyebab Mobil Kijang Brebet

  1. Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin dan Sebelum Digunakan

Kebiasaan menggunakan motor tanpa dipanasi terlebih dahulu memicu terjadinya mesin mobil brebet saat digunakan. Brebet ini diakibatkan karena mesin yang masih dingin sudah langsung dijalankan motornya. Wajar saja mesin brebet, oli belum panas dan belum bekerja secara maksimal.

Setelah anda mulai gas dan jalankan mobilnya, pasti brebet tersebut lama kelamaan akan hilang, karena bagian mesin juga secara perlahan akan bekerja dengan baik setelah kondisinya panas.

  1. Periksa Bagian Selang yang Terhubung Langsung ke Bagian Pompa Bensin

Selanjutnya setelah anda melakukan pemanasan bagian mesin secara rutin, namun mesin mobil masih terasa brebet, maka anda bisa melakukan pengecekan pada bagian selang yang terhubung langsung dengan bagian pompa bensin ya sobat.

Bahan bakar seperti halnya bensin, biasanya akan menyisakan kotoran saat proses pembakaran. Kotoran ini nantinya akan mengendap di dalam tangki yang lama kelamaan akan semakin menumpuk. Kotoran yang menumpuk ini secara otomatis akan tersedot oleh selang dan menjadi menumpuk di bagian pompa bensin. Kondisi inilah yang menyebabkan mobil terasa brebet saat anda sedang mengegasnya.

Kurangnya pengecekan sebenarnya sangat menentukan kondisi dari pompa bensin itu sendiri. Kotoran yang menyumbat akan membuat bagian ini menjadi semakin melemah dan bahkan tidak sedikit kasus mesin menjadi mati karena terlalu banyak kotoran yang terdapat di bagian tersebut.

Saya sarankan jika mobil anda sudah terasa brebet saat digunakan, padahal anda sudah melakukan pemanasan secara rutin, segeralah lakukan pengecekan pada bagian pompan bensin ya sobat, takutnya nanti saat anda paksa gunakan malah mogok di jalan.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Saringan Bensin

Jika anda melihat dan memperhatikan secara seksama pada bagian saringan bensin, pasti anda akan menemukan perbedaan dari kedua katupnya. Dua katup ini terhubung ke bagian yang berbeda juga lo sobat. Katup yang satunya terhubung langsung dengan bagian pompa bensin dan katup yang satunya lagi terhubung ke bagian karburator atau pun ke bagian injeksi.

Saringan bensin yang sudah kotor juga akan menyebabkan suatu masalahnya seperti mobil brebet saat sedang di gas. Kebersihan memang menjadi salah satu solusi terbaik sobat. Untuk itu selalu lakukan pengecekan rutin terhadap komponen – komponen mobil yang berhubungan dengan bahan bakar ya sobat. Terkadang tidak sedikit orang yang melihat saringan bensinya dipenuhi dengan uap air yang tentu saja ikut menyumbang masalah brebetnya mobil anda.

  1. Lakukan Pemeriksaan Pada Bagian Busi

Bagian busi juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib anda jaga kondisinya. Tidak sedikit masalah yang terjadi pada bagian busi sehingga menyebabkan mobil menjadi brebet dan terkadang juga menjadi penyebab knalpot menembak. Busi memang sangat riskan terkontaminasi dengan kotoran secara langsung. Untuk itu anda wajib memberikan perhatian lebih ya sobat.

Bukan businya saja yang membuat mobil menjadi brebet, namun bagian kabel busi juga bisa membuat mobil brebet lo sobat. Bagi sobat yang belum mengetahui ciri fisik dari kabel busi, sobat bisa perhatikan sekarang. Kabel busi yang baik, kondisinya akan baik tanpa adanya retakan ataupun pecah.

Jika anda melihat terdapat retakan atau pun bahkan pecahan di bagian kabel tersebut, maka anda bisa langsung menggantinya dengan kabel yang baru. Kerusakan yang terjadi jika tidak segera diganti akan mengurangi kinerja dari busi itu sendiri.

Selanjutnya apabila businya juga tidak kelihatan baik, ada baiknya anda menggantinya juga. Harganya tidak mahal kok sobat. Namun yang perlu anda ingat adalah merk yang digunakan. Samakan merknya dengan sebelumnya, jika tidak maka mobil kemungkinan akan pincang dan timbulah brebet pada mobil tersebut.

  1. Gunakan Bahan Bakar Dengan Kualitas Baik

Bahan bakar dengan kualitas baik seperti halnya pertamax, akan membuat mobil anda tetap prima dan dalam kondisi baik. Sehingga masalah brebet pada mobil bisa dihindari bahkan bisa ditekan. Jangan lihat dari segi harganya saja layaknya premium yang harganya murah, namun dampaknya pada mesin mobil anda cukup memprihatinkan.

Sisa pembakaran premium akan menghasilkan kotoran yang mengendap di mesin tersebut. Boleh saja anda menggunakan premium, yang terpenting anda wajib memberikan selingan pertalite atau pertamax untuk menstabilkan peformanya. Selain itu penggunaan bahan bakar yang tepat agar tidak cepat keropos karena kotoran yang telah lama mengendap.

Pada saat ingin bepergian jauh, sering sering rutin mengecek mobil anda Agar masalah ini tidak terjadi lagi.
Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.  Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana Penyebab Mobil Kijang Brebet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here