Kijang Kapsul merupakan mobil MPV ber kapasitas 8-9 penumpang, kijang kapsul diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 sebagai penerus kijang ekstra yang dihentikan produksinya tahun 1997 yang uniknya toyota menyediakan dua jenis bahan bakar yakni bensin dan diesel. Memiliki julukan penyempurna kijang grand extra desain kijang kapsul dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis mobil yang lebih bagus dari pendahulunya yakni kijang extra, kijang kapsul juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari pendahulunya yakni 1800 cc sampai 2400 cc.
Sayangnya kijang kapsul juga memiliki beberapa kelemahan, kelemahan kijang kapsul paling utama adalah pada konsumsi bahan bakar yang cukup boros,

Konsumsi bahan bakar yang cukup boros, yakni mencapai 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota, hal ini kadang tidak diketahun konsumen yang ingin membeli mobil ini, sebagai perbandingan kijang innova memiliki konsumsi bahan bakar 1:8 untuk dalam kota dan 1:12 untuk luar kota, bisa dibayangkan betapa boros mobil ini, perbandingan dengan isuzu panther grand touring (rival kijang innova) yang memiliki konsumsi bahan bakar sampai 1:16 km untuk luar kota sedangkan dalam kota mencapai 1: 11

Kijang kapsul memiliki 7 varian yakni SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista. Varian kijang di atas diurutkan berdasarkan kualitas mobil dimana varian terendah/ standart ada pada SX dan LX, Varian Deluxe SSX dan LSX, Varian Grand SGX dan LGX, dan varian tertinggi adalah kijang krista.
Mesin kijang kapsul terbagi dalam 4 tipe yakni, mesin bensin 1800 cc dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan karburator, mesin bensin 1800 cc menggunakan pasokan bahan bakar sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan mesin diesel 2400 cc.

Tips Menghemat BBM Mobil Kijang

Yang pertama akan kita bahas adalah tentang kebiasaan cara mengemudi mobil kijang Anda, apakah memacu keborosan konsumsi BBM atau tidak. Coba simak beberapa tips cara mengemudikan mobil supaya lebih irit bensin berikut ini.

  1. Injak Gas Dengan Perlahan

Hasil gambar untuk gas mobil

Salah satu cara menghemat konsumsi bensin mobil kijang adalah dengan kebiasaan berkendara. Menginjak gas mobil menjadi salah satu faktor penting dalam kebutuhan bahan bakar pada mesin mobil Anda. Dalam menginjak gas, sebaiknya di lakukan dengan cara pelan dan bertahap. Jangan langsung menginjak dalam-dalam karena akan membuat bahan bakar mobil menjadi boros dan percuma.

  1. Jaga Kecepatan Mobil Secara Konstan

Hasil gambar untuk kecepatan mobil

Menjaga kecepatan mobil dengan konstan juga menjadi faktor yang akan menentukan konsumsi bensin mobil Anda. Kecapatan yang tetap tentu akan membuat mesin mobil juga stabil dalam mengeluarkan tenaga dan berimbas pada penghematan bensin juga. Beda apabila Anda membawa kendaraan dengan kecepatan yang tidak stabil atau ngebut. Contohnya saja, apabila jalanan macet, kecepatan mobil akan sangat tidak stabil, karena kadang jalan dan berhenti dengan tiba-tiba. Ini akan membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros dari biasanya.

  1. Kurangi Pemakaian AC

Hasil gambar untuk ac mobil

Pemakaian AC ini sebenarnya relative tergantung pemakaian dan kebiasaan pengemudi. Bagi Anda yang tidak tahan panasdi dalam kabin mobil, pengurangan penggunaan AC bukan pilihan yang cocok untuk Anda. Hanya saja, demi penghematan bensin atau bahan bakar, meminimalisir penggunaan AC ini akan memberikan efek yang signifikan dalam konsumsi BBM mobil kijang Anda.

  1. Lepas Gas Lebih Awal

Hasil gambar untuk gas mobil

Maksud dari melepas gas lebih awal ini adalah sesaat sebelum Anda berhenti. Contohnya begini, bila Anda sedang mengemudi dan di depan melihat persimpangan lampu merah dan sedang menyala merah, maka mau tidak mau Anda harus berhenti di persimpangan tersebut bukan? Nah, salah satu tips untuk mengiritkan konsumsi BBM mobil Anda adalah dengan melepas pedal gas lebih awal dan membiarkan mobil menggelincir tanpa tenaga/ gas. Tips ini juga sekaligus untuk menghindari cara membawa mobil dengan “endut-endutan” efek dari injak rem yang dalam karena laju mobil masih kencang saat mau berhenti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here