Pincang ? wah mobil kijang bisa pincang juga ?. Eits jangan salah mobil kijang juga bisa pincang juga loh. Pincang pada mobil ialah suara berisik yang ditimbulkan karena terjadi masalah pada suatu komponen tertentu di dalam mobil. Bukan hanya suara yang terdengar namun istilah pincang pada mobil ini juga menybabkan berkurangnya kekuatan mobil karena terdapat komponen yang tidak bekerja secara maksimal.

PENYEBABNYA :

Berikut adalah masalah beberapa mobil pincang saat berjalan:

  1. Busi Dalam Kondisi Basah

    Kebanyakan, masalah mobil mogok dan lain-lain dikarenakn busi yang yang bermasalah. Bermasalahnya busi ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk kasus mobil yang pincang, ini disebabkan oleh busi yang basah. Busi yang basah ini juga disebabkan oleh berbagai hal. Busi yang basah tidak dapat mengeluarkan apin secara maksimal. Saat demikian itulah, pincang pada mobil bisa terjadi.

  2. Busi Mengalami Kebocoran

    Selain busi basah, masalah lain yang juga bisa terjadi pada busi adalah kabel busi yang bocor. Kebocoran pada kabel busi ini sangat mungkin terjadi dan bisa disebabkan karena beberapa hal. Kabel busi memang rentan mengalami kebocoran. Jangan sepelekan hal ini dan segera atasi.

  3. Kondisi Coil Tidak Bagus

    Penyebab pincang selanjutnya adalah karena bagian coil yang bermasalah. Coil juga merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Coil berperan juga dalam sistem pembakaran pada mobil. Jika coil bermasalah, jalan mesin bisa menjadi tidak seimbang sehingga mobil mengeluarkan suara yang biasa disebut dengan pincang.

  4. Injeksi Yang Kurang Baik

    Jarang diketahui bahwa proses injeksi juga mempengaruhi system kerja pada mobil. Pengisian yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah pada bagian injektornya.  Injektor yang bermasalah akhirnya bredampak pada kinerja mesin mobil.

  5. Masalah Pada ECU

    Pada kasus yang sudah sangat berat dan sulit. Semisal mulai dari poin 1 hingga 4 semuanya aman-aman saja, maka langkah yang bisa dilakukan adalah meriset ECU. Untuk yang satu ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan utamanya bagi yang masih sangat awam dengan dunia otomotif. Lebih baik memasrahkan masalah meriset ECU ini di bengkel.

TENTU SAJA ADA SOLUSINYA : 

Mengingat masalah pincang pada mobil ini bisa membahayakan kondisi mesin dan mengakibatkan kekuatan mobil yang bisa turun dengan sangat drastic, maka perlu cara sebagai pencegahan dan solusi apabila hal ini sudah terjadi.

Berikut adalah cara bagaimana mengatasinya:

  1. Cek Kondisi Busi

    Mengecek kondisi busi saat terjadi masalah pada pincang mobil merupakan salah satu langkah awal yang baik. Cara mengeceknya cukup mudah. Lepaskan kabel busi dan lepaskan bagian coilnya. Selanjutnya lepas smua busi dan periksa apakah ada busi yang basah ataupun bocor. Jika ditemukan masalah tersebut, maka segera ganti busi dengan yang baru.

  2. Mengecek Kondisi Coil

    Saat mengecek kondisi busi tadi, kita juga bisa sekaligus mengecek kondisi coil. Pastikan kondisi coil masih dalam keadaan yang baik. Jika sudah tidak layak, lebh baik langsung dig anti saja.

  3. Mengecek Bagian Injektor

    Masalah pada pengisian atau injeksi pada injector bisa mempengaruhi kerja mesin mobil. Jika masalah pincang mobil terjadi, maka coba pastikan apakah bagian injector sudah berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

  4. Meriset ECU

    Ketika semua langkah sudah dijalankan dan masih ada yang belum beres maka saatnya anda menyerahkan permasalahan ini pada mekanik yang lebih berpengalaman. Masalah bisa saja terjadi pada ECU dan CU perlu di riset. Riset ECU sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Lepaskan kabel ECU selama kurun waktu lebih dari 1 menit. Selanjutnya pasang kembali dan tancapkan kontak dalam posisi on selama setengah menit. Matikan kontak, posisikan kontak ke On lagi dan starter mobil anda.

Beberapa langkah memang bisa dilakukan untuk mengatasi  ataupun mencegah masalah mobil kijang super pincang. Kurang lebih penyebab mobil kijang super pincang ini dikarnakan beberapa poin di atas tersebut. Jangan tunggu sampai rusak lebih parah dan segera atasi. Masalah mobil kijang super pincang ini bisa menurunkan tenaga mobil saat digunakan dalam jangka panjang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here