Tentu anda pernah mengendarai mobil ke wilayah dataran tinggi seperti pegunungan atau bukit. Tapi ketika melalui tanjakan, mendadak mobil anda tidak kuat menaikinya.

Penyebab Mobil l300 Bensin Kurang Bertenaga

Ini berarti mobil anda sedang tidak bertenaga dan tentu ada beberapa penyebab mobil tidak bertenaga. Kadang kala tarikan mobil berat saat AC hidup. Berikut penyebab mobil tidak bertenaga.

  1. Kotornya Saluran Bahan Bakar

Penyebab mobil pertama tidak bertenaga mungkin karena kotornya saluran bahan bakar. Periksalah mulai dari tangki bahan bakar sampai injektor. Penyumbatan terjadi karena kotoran yang mengotori sistem injeksi. Dampak dari sumbatan ini membuat mesin pincang, kehilangan tenaga dan yang terburuknya mogok.

Ada beberapa komponen bahan bakar yang sering tersumbat oleh kotoran. Yaitu injektor dan filter bahan bakar. Kita bahas injektor dulu. Injektor mempunyai niple jet yang ukurannya kecil. Yang susah jika benda kecil ini kena kotoran. Penyemprotan bensin ke intake manifold akan terganggu yang mengakibatkan lemahnya mesin. Kedua yaitu filter bensin. Fungsi filter bensin yaitu untuk menyaring beberapa zat yang kotor seperti timbal agar tidak ikut masuk ke pembakaran.

Kalau filter bahan bakar tersumbat, maka pasokan bensin akan kurang dari semestinya. Rutinlah memeriksa saluran bahan bakar agar terjaga dari kotoran yang menyumbat dan mengganggu. Anda perlu tahu fungsi filter bahan bakar mobil secara umum, cara membersihkan filter bahan bakar dan cara merawat tangki bahan bakar mobil. Pemilihan bahan bakar mobil yang cocok bisa menjaga saluran bahan bakar anda dari kotoran.

2. Kekurangan Suplai Udara

Kedua, kekurangan suplai udara menjadi alasan mobil tidak bertenaga. Jangan meremehkan udara karena udara menentukan bagaimana tenaga mobil. Jika suplai udara besar, maka tenaga yang dihasilkan juga besar. Begitu juga sebaliknya, jika suplai udara kecil, maka tenaga mobil yang dihasilkan kecil. Temperatur udara juga mempengaruhi. Pada udara dingin, molekulnya cukup kecil sehingga suplai udara besar bisa masuk dengan mudah. Salah satu sebab mobil kekurangan suplai udara karena ada sesuatu yang mengganggu jalan udara hingga intake manifold.

Periksa dulu filter udaranya. Segera bersihkan apabila filter udaranya penuh dengan kotoran dan debu karena menghambat laju udara. Intinya tidak begitu jauh beda dengan filter bahan bakar. Filter bahan bakar diganggu oleh kotoran semacam timbal dan filter udara diganggu oleh debu yang menghambat masuknya udara. Meski melalui wilayah dataran tinggi, kalau

Untuk mobil yang menggunakan teknologi DBW atau EFI, debu bisa menyerang di throttle body. Biasanya ditandai dengan langsam mobil yang cenderung naik turun. Ketika pengemudi memaksa mobil menaiki dataran tinggi, mendadak tenaga mobil akan turun karena kotoran di bagian rongga throttle mengganggu masuknya udara.

 

Nah itulah beberapa penyebab mobil 1300 kurang bertenaga. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here