Salah satu penyebab mobil boros bahan bakar adalah bisa dari bawaan mesinya atau dari cara pemakaian mobil itu sendiri,berikut kami berikan solusi bagi kalian semua

1.Lakukan tune up

Hasil gambar untuk tune up

Jika tenaga mobil dengan mesin diesel Anda sudah mulai ngempos, Anda harus lakukan tune up menggunakan cairan purging di setiap 20.000 km. Untuk lebih bagusnya lagi, saat Anda melakukan tune up ganti juga filter oli dan filter solar agar tenaga kembali kuat.

Karena Solar yang merupakan bahan bakar mesin diesel memiliki kadar oktan kurang bagus jika dibandingkan dengan bahan bakar bensin. Dan saat mobil Anda larinya sudah kurang enak dan tidak kencang lagi atau tenaga mesin mobil ngempos, itu menandakan banyak kotoran dan juga uap air yang sudah mengendap di filter solar mobil Anda.

Perlu Anda ketahui juga batas maksimal penggantian filter solar pada mobil mesin diesel ini adalah 20.000 km. Karena filter solar memang tidak bisa dibersihkan ketika sudah kotor dan harus diganti, berbeda dengan filter bensin.

Mobil yang menggunakan bahan bakar solar memang lebih sensitif dibandingkan dengan bahan bakar bensin. Jadi untuk perawatan dari filter solar agar tenaga mobil diesel tidak ngempos memang harus diganti secara berkala.

  1. Ganti busi ( untuk mesin bensin )

Hasil gambar untuk busi

Selain filter solar yang sudah kotor, busi yang kotor pun bisa menjadi penyebab dari lemahnya tenaga mobil dengan mesin diesel. Untuk itu anda harus lebih memperhatikan sudah kotor atau belum busi mobil anda, jika sudah kotor sebaiknya segera bersihkan atau diganti saja dengan yang baru. Busi yang kotor akan mempengaruhi kerja mesin, yang mana bisa menghambat proses pembakaran.

  1. Periksa radiator

Hasil gambar untuk radiator mobil

Untuk trik yang ketiga, periksa bagian body radiator jangan sampai body radiator tersebut dalam kondisi basah. Karena jika radiator basah akan ada bocor dan terjadi rembesan, hal itu akan membuat tenaga mobil mesin diesel ngempos. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kualitas dari air radiator tersebut. Jangan biarkan air radiator mobil Anda kotor atau keruh karena akan menghambat kerja mesin itu sendiri.

  1. Periksa bagian lain

Selain harus memeriksa dan memperbaiki filter solar, anda juga harus memastikan bahwa fan atau kipas pendingin bisa bekerja dengan baik dan juga tidak ada masalah. Pastikan bahwa proses pertukaran atau aliran udara sudah berjalan sesuai dan baik.

  1. Ganti oli

Gambar terkait

Trik ampuh terakhir untuk mengembalikan tenaga yang ngempos mobil diesel adalah ganti oli tepat waktu. Pastikan kecukupan dan kualitas oli mesin sudah cukup dan juga baik digunakan untuk menjalankan mesin diesel mobil Anda. Karena jika Anda mengabaikan dan telat ganti oli, akan membuat tenaga mesin diesel tersebut ngempos.

Selain harus mengganti beberapa komponen yang sudah tidak layak, Anda juga harus rajin dalam melakukan perawatan agar tenaga mesin diesel mobil tidak ngempos.

  1. Kompresi ruang bakar

Hasil gambar untuk Kompresi ruang bakar

Salah satu penyebab paling seirng dijumpai adalah hilangnya kompresi pada ruang bakar. Kompresi pada cylinder blog mesin sangat menentukan tenaga yang dihasilkan terlebih lagi untuk bermesin diesel karena mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai titik panas melainkan tetapi memakai busi pemanas saja ( glow plug ) dengan memampatkan udara yang ditekan sehingga suhu diruang bakar meningkat. Untuk penyebab hilangnya kompresi di ruang bakar ada beberapa faktor penyebabnya.

Diantaranya ring piston macet dan kotor ( karena kualitas solar yang buruk ),mungkin sudah aus dan perlu pergantian.

klep/valve aus maka lakukan pergantian tapi jika masih bagus lakukan penyetelan klep in dan ex.

Dan hal paling burung hilangnya kompresi adalah piston dan buring/cylinder blok sudah aus dan harus diganti untuk buring sendiri biasanya di bubut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here