Baterai yang drop merupakan imbas dari mesin yang susah dihidupkan. Dalam satu kali cranking motor starter akan memerlukan daya listrik yang cukup besar, jika dalam tiga atau empat kali start mungkin baterai mobil masih bisa mensuplai, namun jika sudah lebih dari 6 kali start mesin tak kunjung hidup, imbasnya baterai akan habis dan kejadian diatas pun bisa terjadi.

Penyebab Mobil l300 Diesel Susah Hidup

Dibawah ini beberapa penyebab mobil sulit distarter.

  1. Keausan silinder atau ring piston

Ring piston dan dinding silinder akan selalu bergesekan saat mesin bekerja. Hal ini karena ring piston fungsinya merapatkan celah piston dan silinder agar kompresi tetap terjaga.

Saat kedua komponen ini bergedekan pasti meninggalkan friksi yang berasal dari ring atau dari blok mesin, meski friksi ini dalam jumlah yang sangat kecil tapi dalam jangka waktu 5 tahun, baru akan terlihat keausan kedua komponen ini.

Akibatnya, saat terdapat keausan dinding silinder, celah ring piston semakin terbuka. Sehingga tekanan kompresi keluar melalui celah ini dan menyebabkan mesin sulit dihidupkan khususnya dipagi hari.

2. Katup mesin kurang rapat

Katup atau valve minimal ada dua buah dalam satu silinder, fungsinya jelas sebagai pintu keluar masuk gas dari dan ke mesin. Karena hubungannya langsung dengan ruang bakar maka kebocoran juga bisa terjadi pada komponen ini.

Biasanya kebocoran pada katup disebabkan karena posisi penutupan katup tidak pas yang bisa disebabkan kesalahan penyetelan ataupun karena antara daun katup dengan dudukanya tidak simetris.

Akibat kebocoran ini, yakni pada tekanan kompresi yang drop. Imbasnya, mesin sulit hidup saat mesin dingin atau di pagi hari.

Solusi yang perlu anda ambil yakni melakukan penyetelan ulang katup jika memang katup mesin anda masih konvensional, namun jika masalahnya ada pada dudukan katup, maka perlu dilakukan penyekiran.

3. Kebocoran pada seal busi

Seal busi terbuat dari ring baja yang biasanya sudah tersedia di tiap jenis busi secara default. Fungsi seal ini untuk merapatkan lubang busi dengan ulir busi.

Saat seal ini rusak, maka tekanan kompresi bisa keluar karena kondisinya tidak rapat. Imbasnya jelas mesin yang susah hidup.

Untuk solusi cukup mudah yakni dengan melakukan penggantian busi dengan busi yang baru. Pastikan juga busi yang digunakan juga sesuai dengan spesifikasi mesin anda.

4. Kerusakan packing/gasket kepala silinder

Packing atau gasket merupakan plat khusus yang dijadikan penyekat antara blok silinder dan kepala silinder. Fungsi packing ini untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi dari samping serta mencegah oki dan air pendingin bercampur.

Jika ada kerusakan pada packing ini, otomatis tekanan kompresi akan turun serta terdapat rembesan oli di area sambungan antara blok silinder dan kepala silinder.

Penyebab packing ini bisa rusak, bisa saja terjadi karena pernah dibongkar. Komponen ini bersifat sekali pakai sehingga saat pernah dilakukan pembongkaran, selanjutnya packing tidak berfungsi dengan baik.

Solusinya yakni dengan melakukan penggantian gasket dengan ukuran yang sesuai dengan piston mesin anda.

5. Campuran bensin terlalu kurus

Campuran yang ideal, itu akan menyebabkan kinerja mesin efisien serta tidak ngebul. Campuran yang kurus adalah kondisi dimana perbandingan bahan bakar kurang saat langkah intake.

Akibatnya, saat mesin dingin bensin tersebut mengembun di dinding intake manifold sehingga hanya sedikit sekali bensin yang masuk ke ruang bakar. Hasilnya mesin akan susah dihidupkan.

Solusi untuk masalah ini yakni dengan melakukan penyetelan ukang agar lebih ideal atau jika anda sengaja dengan penyetelan elonomis, anda harus menggunakan sistem coke pada karbu agar suplai bahan bakar bisa maksimal.

6. Busi terlalu kecil apinya

Pada sistem pengapian, peran busi itu untuk mengubah energi listrik dengan tegangan ribuan volt menjadi percikan api. Besar kecilnya api, pasti mempengaruhi bagaimana proses pembakaran pada mesin. Jika api yang keluar dari busi, maka mesin akan sulit dihidupkan dan biasanya juga ada gejala brebet.

Masalah ini bisa terjadi akibat busi kita kotor dengan kerak, ataupun karena resistansi busi sudah membludak. Hal ini bisa saja trerjadi jika anda menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Cara mengatasi busi kecil ini, bisa dengan melakukan pembersihan dulu. Saat mesin masih bermasalah dan masih juga nyendat anda harus mengganti busi tersebut dengan busi baru.

 

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here