Penyebab mobil lama boros dan tips mengatasinya

 Gambar terkait

Perkembangan teknologi cukup pesat di tahun 2018 ini. Perkembangan ini merambah ke berbagai aspek kehidupan termasuk ke otomotif dan mobil. Sekarang banyak perusahaan mobil memproduksi berbagai jenis mobil baru yang dilengkapi oleh berbagai macam teknologi baru. Contohnya, seperti low cost green car (LCGC) dan mobil yang menggunakan kombinasi antara bensin dan listrik atau biasa disebut hybrid. Ada juga yang menggunakan sistem Belum lagi bicara sistem mesin dan interior mobil. Teknologi sekarang benar-benar cepat.

Di tengah perkembangan teknologi mobil yang begitu gencarnya, masih ada orang yang memiliki mobil tua. Tapi kini mobil tua terkesan boros bahan bakar. Dilihat dari teknologi saat ini, mungkin karena tidak adanya teknologi-teknologi yang disebutkan di paragraf sebelumnya. Tentu tidak mungkin menambahkan teknologi baru ke mobil tua anda. Kalau bisa, itu sangat minim. Tapi jangan berkecil hati. Mungkin anda bisa mengetahui penyebab mobil tua boros bahan bakar jika dilihat dari cara perawatannya. Setelah mengetahui penyebab mobil tua boros, anda bisa segera memperbaiki sendiri atau membawanya ke bengkel. Berikut beberapa penyebab mobil tua boros.

  • Kerak Mesin

Penyebab mobil tua boros pertama terbentuknya kerak pada mesin. Terbentuk karena penggunaan bahan bakar yang kurang sempurna. Mungkin kualitas bahan bakarnya buruk. Karena kerak inilah ruang bahan bakar menjadi berkurang dan sempit. Akibatnya, tenaga mesin yang dihasilkan tidak terlalu kuat, performa mesin jelek, bensin jadi boros dan terjadi knocking. Pencegahan kerak dilakukan dengan cara membeli bahan bakar yang oktannya cocok dengan kebutuhan mesin. Contohnya gunakan bahan bakar dengan oktan 92 jika kompresi mobil anda lebih dari 10:1.

  • Penyumbatan di Filter Udara

Penyumbatan di filter udara adalah penyebab mobil boros bensin kedua. Penyumbatan ini terjadi karena banyaknya kotoran yang menumpuk. Kotoran ini mengakibatkan sirkulasi udara jadi tidak lancar karena terhambat. Ketika kekurangan udara, performa mobil menurun, terjadilah knocking dan hanya menghasilkan sedikit tenaga. Karena tenaganya sedikit, pengemudi lebih akan menginjak pedal gas lebih dalam. Akhirnya membuat konsumsi bahan bakar boros. Pencegahannya tentu memeriksa filter udara secara berkala.

Bersihkan filter mobil dari debu-debu yang menggumpal. Anda perlu tahu cara membersihkan filter udara untuk menghilangkan benda-benda yang menyumbat filter udara. Bila filter mobil rusak atau waktunya ganti, maka segera beli baru. Harga paling mahal hanya seratus ribu rupiah. Lumayan untuk mengurangi potensi pemborosan bensin yang terjadi di masa depan jika tetap memakai filter mobil yang rusak atau sudah waktunya ganti. Waktu ganti maksimal yaitu dua tahun. Penyumbatan di filter udara menjadi penyebab mobil bunyi ngelitik.

  • Terkikisnya Piston atau Ring Piston

Penyebab mobil boros bensin ketiga adalah terkikisnya piston atau ring piston. Ring piston terkikis biasanya karena kondisi umur atau pelumasan yang tidak baik. Kalau umur, mau bagaimana lagi. Memang harus diganti. Tapi kalau urusan pelumas, paling tidak masih bisa dipertahankan untuk awet. Jangan sampai terlambat ganti oli dan jangan lupa gunakan oli yang terpercaya.

 

Kalau oli kotor akibatnya akan menghambat kerja piston dan lama kelamaan akan terkikis. Kalau sudah terkikis, biasanya akan mengurangi performa mobil, mesin menghembuskan asap putih, tekanan kompresinya rendah, borosnya penggunaan oli dan boros bahan bakar. Kalau masih bagus, maka anda perlu tahu cara membersihkan piston motor agar piston lebih bersih.

  • Kondisi Busi dan Karburator

Jangan remehkan pengaruh busi dan karburator pada kondisi bahan bakar. Pengetahuan tentang fungsi busi pada mobil dan  komponen karburator mobil agar anda lebih mengenal komponen mesin. Dua benda ini ternyata berpengaruh jika pemasangannya tidak pas. Kalau sumbu dan kepala busi yang regang berakibat terjadinya pembakaran tidak sempurna sehingga tenaga mobil terlalu lemah.

Karena tenaga terlalu lemah maka akan membutuhkan bahan bakar lebih dari semestinya. Pemasangan karburator yang tidak pas dan kotor juga mengakibatkan terjadinya pembakaran tidak sempurna. Untuk mencegah pemborosan bahan bakar oleh busi dan karburator, maka sebaiknya pastikan agar busi dan karburator terpasang dengan benar. Jangan lupa bersihkan dan rawatlah secara rutin. Kenalilah tanda-tanda busi mobil harus diganti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here