Sistem kemudi merupakan sistem yang cukup vital dalam sebuah kendaraan, fungsi utamanya tentu saja untuk mengarahkan dan membelokkan mobil saat dikendarai.

Penyebab Mobil Lari Ke Kanan

Lalu bagaimana jika terdapat masalah pada setir mobil? Tentu saja akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman bahkan membahayakan pengguna mobil. Dibawah ini merupakan penyebab mengapa setir mobil belok kekanan.

  1. Bagian Kaki-Kaki Mobil Mengalami Kocak atau Aus

Salah satu penyebab setir mobil oblak adalah kerusakan pada kaki-kaki mobil, terutama pada bagian long tierod yang kemudian menyebabkan setir kemudi menjadi tidak stabil, terkadang miring ke kanan atau ke kiri tidak menentu.

Ada banyak hal yang menyebabkan kerusakan kaki kaki mobil, bisa jadi dikarenakan cara mengemudi yang tidak tepat, seperti mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi pada jalanna yang sudah rusak. Kaki-kaki mobil yang sudah aus juga disebabkan karena komponen yang sudah tua dan memang sudah saatnya dilakukan penggantian. Untuk mengatasinya maka segera lakukan penggantian dengan komponen yang baru dan original.

  1. Sudut Toe Out Terlalu Lebar

Masalah lainnya yang menjadi penyebab setir mobil tidak stabil adalah kondisi sudut toe out yang terlalu lebar. Jika sudut toe semakin melebar, maka akan menyebabkan setir seakan kehilangan arah, kadang dapat miring ke kanan ataupun miring ke kiri tak beraturan. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan berubahnya sudut geometri pada roda mobil, hal ini bisa disebabkan karena penggantian komponen kaki-kaki mobil maupun gesernya mur yang menjadi pengunci pada tie rod. Untuk mengatasi penyebab mobil bergoyang ini maka tentu saja solusi terbaik adalah dengan melakukan spooring untuk mengembalikan keseimbangan pada kaki-kaki mobil.

  1. Masalah Pada Tierod dan Balljoint

Kedua komponen ini memiliki fungsi sebagai pengikat roda-roda mobil dan kemudian meneruskan gaya belok yang berasal dari sistem kemudi. Sehingga ketika komponen-komponen ini mengalami kerusakan maka tentu saja menyebabkan setir terasa kosong dan membuat mobil tidak berubah arah meskipun kemudian sudah diputar. Tentu saja hal ini menyebabkan mobil sulit untuk dikendalikan dan tidak stabil apalagi jika menggunakannya dengan kecepatan tinggi. Hal ini tidak hanya menganggu kenyamanan berkendara, bahkan dapat menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan ketika di jalanan.

 

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil yang belok ke kanan. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan dan bawa mobil anda kebengkel terpercaya. Semoga bermnafaat^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here