Mobil yang kurang dirawat tentunya akan menyebabkan permasalahan yang sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara, bahkan terkadang dapat membahayakan ketika berada dijalanan.

Penyebab Mobil Limbung Saat Jalan

Masalah yang mungkin seringkali dirasakan saat mobil jarang dirawat adalah mobil yang terasa limbung saat dikendarai, terutama dalam kecepatan tinggi. Ada banyak hal yang menjadi penyebab mobil bergoyang saat dikendarai, berikut penjelasannya.

  1. Masalah Pada Mesin

Kondisi mesin yang bergetar dapat membuat mobil yang baru sekalipun dapat terasa limbung ketika dikendarai. Hal ini dipicu karena proses pembakaran yang tidak sempurna akibat kombinasi udara dan bahan bakar yang tidak seimbang di dalamnya.

Kerusakan bagian mesin lainnya juga bisa dikarenakan komponen EM yang mungkin sudah lama digunakan. Untuk mengatasi hal ini maka tentu saja teknik mengendarai yang dilakukan juga perlu diperhatikan sehingga tidak merusak komponen-komponen di dalam mesin. Selain itu penting pula melakukan perawatan mesin mobil secara rutin.

2. Kondisi Permukaan Ban Yang Sudah Tidak Mulus

Kondisi Ban yang sudah tidak mulus lagi yang memicu mobil terasa bergoyang ketika dikendarai terutama saat kecepatan tinggi. Penyebabnya mungkin dikarenakan adanya benjolan yang ada pada permukaan ban mobil.

Hal ini biasanya dikarenakan ban mobil menghantan benda yang keras saat kecepatan tinggi sehingga menimbulkan adanya gelombang pada bagian permukaan ban.Untuk mengatasi hal ini, maka solusi satu-satunya adalah dengan mengganti ban mobil dengan yang baru jika memang kondisinya sudah kurang baik.

  1. Kondisi Rem Terlalu Keras

Komponen rem merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Seiring dengan usia pakai, tentu saja komponen rem akan mengalami perubahan bentuk, misalnya bergelombang. Kondisi ini mengakibatkan getaran yang kuat saat menginjak pedal rem sehingga terasa getaran saat mobil dikendarai. Untuk mengatasi nya, maka segera lakukan penggatian kampas rem mobil dengan yang baru. Sebisa mungkin pilih kampas rem dengan tekstur yang lunak.

4. Masalah Pada Poros Roda

Penyebab mobil bergoyang lainnya bisa jadi dikarenakan kondisi poros roda yang sudah tidak lurus lagi. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya tabrakan atau kecelakaan yang pernah dialami mobil. Masalah ini biasanya terkait dengan kondisi gardan sehingga penting dilakukan pemeriksaan rutin. Gardan berputar cepat memberikan dorongan pada bagian atas roda. Jika bentuk nya tidak normal lagi, maka menyebabkan getaran akan sangat terasa ketika mobil dikendarai.

5. Velg Mobil

Velg mobil yang rusak bisa diakibatkan karena benturan dengan benda yang keras atau berkarat. Jika mobil pernah terguling sebelumnya pada bagian sisi luar akan mengalami perubahan bentuk yang diakibatkan benturan. Untuk mengatasinya, maka disarankan untuk segera mengganti dengan velg yang baru.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasinya. Rajin-rajinlah merawat mobil anda agar nyaman saat dikendarai dan tidak membahayakan nyawa. Semoga artikel diatas bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here