Mobil yang digunakan selama bertahun tahun pasti pernah mengalami permasalahan, baik permasalahan mesin maupun yang lainnya, tetapi yang sering terjadi adalah mobil yang limbung atau goyang pada kecepatan tinggi apalagi dijalan tol.

Penyebab Mobil Limbung Saat Kecepatan Tinggi

Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal apa sih yang menyebabkan mobil imbung saat jalan ? dan bagaimana mengatasinya?. Dibawah ini beberapa penyebabnya.

  1. Kerusakan Pada mesin

Penyebabnya adalah kondisi mobil yang bergetar, apa yang bisa membuat mesin mobil bergetar pemicunya adalah proses pembakaran yang kurang sempurna diakibatkan kombinasi yang tidak seimbang antara udara dan bahan bakar yang ada di dalamnya. Selain itu penyebab lainnya dapat dikarenakan tekanan bahan bakar yang ada di dalam ruang bakar kurang begitu memadai. Untuk mengeceknya, Bisa coba melihat langsung kondisi pada aki dan busi kendaraan. Pastikan jika tidak terdapat percikan api pada kedua komponen tersebut.

  1. Kondisi Rem Terlalu Keras

Seiring dengan penggunaan mobil, tentu saja komponen Rem dapat berubah bentuk seperti bergelombang. Akibatnya bisa dirasakan pada saat kalian menginjak rem, akan terasa getaran yang kuat pada mobil yang menyebabkan terasa goyang jika dikendarai. Untuk mengatasinya  hanya cukup mengganti kampas rem dan pilihlah kampas rem yang mempunyai tekstur lunak. hindari penggunaan kampas rem yang terlalu keras karena dapat merusak piringan cakram.

3. Permukaan Ban Sudah Tidak Mulus Lagi

Penyebab mobil goyang saat jalan lainnya dapat dikarenakan kondisi ban mobil yang sudah tidak mulus lagi. Hal ini juga menjadi penyebab utama mengapa mobil terasa goyang saat dikendarai dalam kecepatan tinggi. Misalnya saja terdapat benjolan pada ban mobil diakibatkan karena menghantam benda yang cukup keras dalam kecepatan tinggi sehingga menimbulkan gelombang yang ada di bagian luar ban. Untuk mengatasi hal ini cukup mengganti ban jika permukaan ban mobil sudah tidak rata.

  1. Axle Yang Mengalami Kerusakan

Axle memiliki fungsi menyalurkan tenaga menuju roda, Meskipun kerusakan seperti ini jarang terjadi, namun bukan berarti jika bagian axle tidak dapat mengalami kerusakan. Hal ini biasanya dikarenakan kondisi mobil yang jarang digunakan. Untuk itu lah pentingnya mengetahui cara merawat mobil yang jarang dipakai  sehingga kondisi mobil tetap terjaga dengan baik.

5. Kerusakan Pada Velg

Penyebab terakhir ini adalah masalah yang sering kalian ketemui yaitu kerusakan pada velg, kerusakan pada velg biasanya disebabkan oleh mobil sering melewati jalanan berbatu maupun jalanan berlobang hal ini disebabkan oleh kurangnya tekanan pada ban jika kita melewati jalanan berlobang maupun berbatu bisa menyebabkan velg penyok dan bahkan ban mobil akan robek sehinggan nantinya akan berdampak pada tidak seimbangnya mobil jika dikendarai dalam kecepatan tinggi . Untuk mengatasi hal ini, tentu saja anda harus mengganti velg yang sudah penyok dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Nah itu adalah penyebab mobil goyang pada kecepatan tinggi dan cara mengatasinya. Kunjungi lah bengekel-bengkel terpercaya anda untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here