Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini  Penyebab Mobil Limbung.

 Penyebab Mobil Limbung

  1. Masalah Pada Mesin

Salah satu penyebab mobil limbung yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada bagian mesin. Bisa jadi hal ini dikarenakan mesin kendaraan yang tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup ataupun proses pembakaran yang tidak berjalan lancar dan kurang sempurna. Ada beberapa tanda-tanda yang paling sering muncul yang memang menandakan jika terdapat masalah pada mesin kendaraan, antara lain adalah:

  • Mesin tersendat atau menyentak ketika proses percepatan terjadi
  • Getaran yang dirasakan saat dikendarai seakan-akan seperti sedang berjalan diatas polisi tidur pada kecepatan tertentu.
  • Mobil dapat berjalan dengan lancar pada kecepatan kecepatan tertentu, namun setelah beberapa saat akan terasa limbung.

Jika gejala-gejala diatas terjadi pada mobil anda, maka sudah saatnya untuk melakukan penggantian set busi dengan komponen yang baru. Namun jika kondisi komponen tersebut masih baik, maka cobalah untuk memeriksa kabel busi. Tak hanya pada bagian busi saja, filter udara dan bahan bakar yang tersumbat juga dapat menyebabkan masalah seperti mesin yang kekurangan pasokan bahan bakar dan oksigen sehingga menjadi penyebab mobil limbung. Untuk itu selalu pastikan jika komponen-komponen tersebut dalam kondisi yang baik dan ganti jika sekiranya sudah mengalami kerusakan.

  1. Masalah Pada Poros Roda

Masalah lainnya yang dapat menyebabkan mobil terasa limbung ketika dikendarai adalah pada bagian poros roda. Jika poros roda mengalami kerusakan seperti tidak lurus lagi dan sebagainya maka akan menyebabkan terjadinya gesekan dengan komponen-komponen mobil lainnya. Masalah ini bisa akan semakin memperparah kondisi kerusakan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi. Selain itu penting pula untuk memperhatikan masalah pada gardan mobil. Hal ini perlu diperhatikan dengan rutin agar kondisi gardan mobil selalu dalam keadaan baik. Jika bentuk gardan sudah tidak normal maka tentu saja getaran dan limbung akan terasa saat dikendarai.

  1. Masalah Pada Rem

Penyebab mobil limbung lainnya dapat dikarenakan masalah pada sistem pengereman mobil. Masalah ini akan dirasakan ketika anda mengerem kendaraan. Biasanya ini disebabkan kondisi rotor rem yang melengkung. Rotor merupakan logam berbentuk lingkaran cakram yang mana terdapat pada sistem rem cakram. Rotor tersebut dapat berubah bentuk jika digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu, rotor rem yang terlalu panas juga dapat mengalami kerusakan karena terlalu membawa beban yang berat dibandingkan dengan kemampuannya. Hal ini juga dapat menyebabkan rotor berubah bentuk. Jika anda tidak terlalu mengetahui tentang komponen yang ada di dalam sistem pengereman, maka cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel-bengkel terdekat dan resmi untuk diperbaiki langsung oleh teknisi yang sudah ahli.

  1. Masalah Pada Roda

Jika anda sering merasakan mobil yang terasa limbung saat anda memegang kemudian, maka hal ini mungkin dapat disebabkan masalah pada keseimbangan ataupun keselarasan. Biasanya hal ini terjadi saat salah satu roda maupun beberapa roda menahan beban berat yang terlalu berlebih. Sehingga menyebabkan mobil akan terasa limbung saat dikendarai apalagi dalam kecepatan tinggi. Untuk mengatasi hal ini, maka tentu saja diperlukan penggantian bantalan roda dengan komponen yang baru.

Bantalan roda memang mudah rusak apalagi jika anda sering menggunakan mobil dalam jalur yang buruk yang membuatnya cepat aus. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah pada roda yang menyimpang dari rotasi saat berputar. Selain itu penyebab lainnya dapat dikarenakan kondsii ball joint yang sudah mengalami keausan sehingga mobil akan terasa oleng saat dikendarai.  Untuk mengatasinya akan lebih baik untuk segera mengganti komponen yang sudah aus agar tidak menyebabkan resiko yang dapat membahayakan saat digunakan.

  1. Masalah pada Ban

Ban mobil dapat menjadi penyebab mobil limbung lainnya yang sering terjadi karena ban menjadi komponen  yang langsung bersentuhan dengan jalanan. Masalah yang terjadi biasanya dikarenakan kondisi ban yang tidak seimbang yang mana membutuhkan servis untuk menyeimbangkan kembali posisi ban mobil. Selain itu kondisi ban yang sudah mengalami keretakan maka tentu saja menyebabkan perputaran menjadi tidak merata yang membutuhkan penggantian segera.

Namun terkadang masalah yang terjadi tidak hanya pada kondisi ban mobil, bisa jadi roda yang melilit dapat menyebabkan mobil terasa limbung dan bergetar saat dikendarai. Sehingga perhatikan cara mengendarai mobil yang baik dan tepat. Hindari untuk menggunakan mobil pada jalanan yang berlubang pada kecepatan tinggi yang mana akan sangat berbahaya untuk kondisi ban mobil anda.

Pada saat ingin bepergian jauh, sering sering rutin mengecek mobil anda Agar masalah ini tidak terjadi lagi.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.  Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana Penyebab Mobil Limbung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here