Pemilik mobil nissan grand livina pasti tidak asing dengan penyakit livina seperti brebet saat akselerasi.

Penyebab Mobil Livina Brebet

Secara garis besar kita bisa kelompokkan menjadi 3 bagian , yaitu sistem  bahan bakar  bermasalah , sistem kompresi bermasalah , atau sistem pengapian bermasalah.

  1. Sistem bahan bakar

Sistem bahan bakar mensuplai bahan bakar ke ruang pembakaran , bahan bakar ini akan di campur dengan udara dengan perbandingan yang ideal untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna .

Campuran bahan bakar dan udara yang kurang pas akan mengakibatkan engine brebet / pincang . Akan sering kita jumpai keadaan seperti ini pada engine jadul yang masih menggunakan karburator untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara. Dalam kasus yang lain brebet dan pincang juga bisa disebabkan karena tercampurnya bahan bakar dengan air.

2. Sistem kompresi 

Sebelum campuran bahan bakar dan udara dibakar , campuran tersebut harus di mampatkan / dikompresikan terlebih dahulu sehingga menghasilkan tenaga yang maksimal saat dilakukan pembakaran yang selanjutnya akan dirubah menjadi energi putar oleh crankshaft

kebocoran pada sistem kompresi akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang biasanya ditandai dengan mesin pincang atau brebet saat akselerasi. Adapun penyebab kompresi bocor antara lain overheat , klep tidak menutup sempurna saat langkah kompresi.

3. Sistem pengapian

Setelah bahan bakar dicampur dengan udara , di kompresikan , selanjutnya dibutuhkan percikan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Disinilah peran dari sistem pengapian .

sistem pengapian ada 2 macam yaitu sistem pengapian konvensional dan sistem pengapian injeksi.

sistem pengapian konvensional terdiri dari beberapa komponen antara lain : accu , kunci kontak , koil pengapian , platina ( breaker point ) , distributor , dan busi.

untuk fungsi dan cara kerja dari masing masing komponen akan saya bahas dalam tulisan yang lain.

sedangkan sistem pengapian injeksi terdiri dari : sensor pengapian  , ECU ( pemroses data sensor ) , dan aktuator .

Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai livina brebet. Kesimpulannya adalah mobil livina brebet diakibatkan oleh koil pengapian yang rusak , namun jangan terburu buru mengganti koil pengapian assy sebab sebenarnya yang rusak cuma bagian protektornya saja . kalau kita cermati akan ada bekas terbakar pada ujung protektor koil , sehingga terjadi kebocoran arus pada bagian yang terbakar ini , inilah yang mengakibatkan mesin pincang.

Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here