Memiliki kendaraan adalah impian semua orang. Namun bagaimana jika mobil yang anda beli ada masalah. Kenyamanan berkendara anda terganggu. Biasanya kenyamanan yang sering dialami jika anda memacu kendaraan dalam keadaan berkecepatan tinggi adalah mobil anda bergetar.

Penyebab Mobil Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Dibawah ini beberapa hal penyebab mobil matic bergetar saat kecepatan tinggi.

1. Ban

Keausan pada ban juga bisa menjadi pelaku utama jika mobil anda bergetar selalu perhatikan kondisi ban anda jika anda sudah merasa ban anda sudah aus segeralah mengganti dengan ban baru karena selain mobil yang bergetar juga akan membuat ketahanan ban anda berkurang. Sewaktu-waktu bisa membuat ban anda meletus di tengah jalan.

2. Mesin

Mesin juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Komponen mesin mobil lengkap bisa anda ketahui dengan mudah. Coba melakukan pengecekan pada penyuplai bahan bakar atau filter bensin anda. Sistem kelistrikan juga harus di perhatikan akan mengganggu kinerja mesin, Kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat akan menggangu performa mesin.

3. Rem

Jika mobil anda mengalami masalah saat berkecepatan tinggi dan disaat melakukan pengereman akan bergetar. Maka sumber masalahnya ada pada rem anda. Perhatikan keadaan cakram rem anda.

Kampas rem dengan kualitas abal-abal juga bisa membuat mobil bergetar. Selalulah membeli semua komponen mobil anda sesuai spesifikasi merek mobil anda. Kebanyakan pabrikan mobil mempunyai spare part tersendiri untuk setiap kendaraan yang dibuatnya.

4. As Roda

As roda yang mengalami kerusakan akan membuat perputaran roda tidak stabil makanya mobil akan mengalami getaran saat berkecepatan tinggi. Kerusakan As roda bukanlah kerusakan umum. Biasanya as roda akan mengalami kerusakan jika mobil anda memiliki riwayat kecelakaan yang berdampak pada as roda.

5. Velg

Velg juga bisa menjadi pemicu bergetarnya mobil saat kecepatan tinggi. Biasanya velg yang bengkok dan mengalami kerusakan dalam bentuk akan membuat mobil anda bergetar. Kerusakan ini akan membuat ban anda tidak bulat sempurna dan menganggu keseimbangan. Velg juga akan mengalami kekurangan daya tahan beban yang semestinya di didapatkan dan membuat velg ban yang baik akan mengalami kelebihan kerja.

6. Piston

Piston juga bisa menjadi pemicu mobil anda bergetar kekurangan tenaga dengan piston akan membuat tenaga gerak mobil anda menjadi turun dan jika dipaksakan akan membuat getaran di mesin dan berimbas ke bodi mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Kerusakan piston juga bisa disebabkan karena oli mobil yang tidak rutin diganti karena kotor. Pilihlah jenis oli mobil yang bagus untuk kendaraan anda.

7. Busi

Busi mati bisa membuat mesin menjadi pincang. Biasanya mobil memiliki busi sebanyak empat buah jika salah satu mati sebaiknya diganti semua agar performa mesin anda baik. Jika performa mesin sedang tidak baik maka akan ada gejala ketidaknyamanan jika anda sedang berkendara. paling lazim adalah mesin mobil bergetar.

Selalu perhatikan kondisi komponen diatas agar dapat menghindari getaran mobil saat kecepatan tinggi. Karena hal ini akan mengganggu kenyamanan anda berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here