Ada beberapa penyebab mobil anda hilang tenaga ketika nanjak. Kali ini kami akan memberi tahu beberapa hal yang menjadi penyebab mobil matic hilang tenaga saat nanjak.

Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga :

  1. Ukuran Ban

Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga di Tanjakan bisa jadi karena ban. Kondisi ban ternyata mempengaruhi tenaga yang dikeluarkan oleh mobil. Ketika mobil menjadi lebih berat saat menanjak, bisa jadi karena kondisi ban yang berdiameter besar. Ban yang besar memang meningkatkan kecepatan maksimum mobil dan terlihat gagah, sayangnya pada saat kondisi jalan menanjak, hal ini akan membuat mobil tidak bertenaga.

  1. Spesifikasi mesin

Mesin mobil juga memiliki peran yang sangat penting. Supaya mobil bertenaga di tanjakan, torsi mesin mobil harus cukup dengan ukuran mobil. Jika torsi kecil, maka mobil tidak akan mampu membawa beban dalam keadaan menanjak. Sayangnya, permasalahan torsi ini sulit dibenahi ataupun tidak bisa diganti, kecuali mengganti mesin dengan mobil yang lebih betenaga. Namun, hal ini juga perlu diperhatikan dengan seksama, karena memiliki resiko terhadap usia pemakaian mesin.

  1. Kapasitas Mobil Terlalu Penuh

Kapasitas mobil yang penuh, artinya ada banyak penumpang dalam sebuah mobil dapat mempengaruhi kemampuan mobil. Semakin banyak kapasitas atau bobot mobil, akan semakin berkurang tenaganya dan mengakibatkan susah menanjak.

  1. Pengaruh Sistem Penggerak

Sebelum mengendarai mobil, kita juga harus memahami karakter dari sistem penggerak mobil. Seperti, penggerak roda depan tidak lebih baik jika dibandingkan dengan penggerak roda belakang. Ada beberapa spesifikasi penggerak mobil yang bagus ketika berada di jalan yang menanjak, licin, ataupun berbatuan.

  1. Adanya Kerusakan Pada Mesin

Kesehatan mesin juga harus kita perhatikan. Jangan sampai ketika kita menanjak tidak bisa, karena adanya kerusakan pada mesin. Untuk mendeteksi kualitas mesin, lihatlah knalpot mobil kita, apakah berasap atau tidak. Jika knalpot berasap, berarti ada yang bocor pada ruang bakar, baik silinder bermasalah atau rumah silinder baret, yang mengakibatkan mobil menjadi tidak bertenaga dan tidak mampu dalam kondisi jalanan yang menanjak.

  1. Pahami Mobil Matic Saat Menanjak

Sistem transmisi otomatis atau matic memang sulit dijalankan ketika dalam jalanan tanjakan. Mobil transmisi matic ini memang lebih nyaman ketika berada di jalan perkotaan. Namun, bukan berarti mobil matic tidak bisa menanjak, ada triknya agar mobil matic dapat berjalan saat berada di tanjakan.

Setelah anda mengetahui penyebabnya. Sekarang kami akan memberi tahu solusi untuk mencegahnya. Berikut adalah solusi untuk mencegah mobil negmpos saat nanjak :

  1. Perkecil diameter roda, baik velg dan ban.
  2. Lakukan modifikasi pada final geer ratio.
  3. Kurangi beban rasio torsi dengan perbandingan 1:10, agar mobil mudah berjalan ketika sedang menanjak dan beban tidak terlalu berat.

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Jika anda memiliki saran, kritik, dan pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here