Membawa mobil yang berjalan ndut-ndutan atau biasa disebut dengan nyendat/brebet tentu tidak nyaman dan adanya rasa kuatir akan berbagai hal. Gejala tersendat-sendat memang membuat kuatir mobilnya akan mogok, apa lagi ketika sedang mengalami perjalanan yang sangat mendesak, rasa kuatir tentu akan semakin bertambah. Oleh karena itu penanganan kendaraan yang memperlihatkan gejala-gejala seperti di atas sangat perlu dilakukan perawatan di tempat sevice mobil. Penyebab mobil ndut-ndutan atau berjalan tersendat-sendat ini banyak disebabkan oleh berbagai hal, dengan penanganan yang tepat tentu akan sangat memuaskan karena gejala akan hilang dengan sempurna, oleh karena itu untuk mengatasi gejala tersebut di atas sangat perlu dilakukan pemeriksaan di bengkel service mobil.

Penyebab mesin mobil ndut-ndutan/brebet

Beberapa sistem yang ada pada mesin kendaraan berperan pada timbulnya gejala ndut-ndutan, yaitu:

  1. Terganggunya sistem pengapian pada mesin mobil, jadi setiap bagian pengapian mobil harus diteliti satu per satu untuk memastikan bagian mana yang perlu dilakukan perawatan atau pun penggantian agar kondisi mesin dapat pulih dengan normal tanpa adanya gejala-gejala yang menggangu perjalanan. Beberapa bagian pada mobil yang berfungsi sebagai sistem pengapian seperti: busi, coil, delco, cdi, dan termasuk semua yang terhubung ke bagian-bagian tersebut yaitu pada kabel-kabelnya.
  2. Sistem bahan bakar, yaitu saluran yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar untuk pembakaran termasuk di dalamnya pompa bensin, saringan bensin.
  3. Sistem saluran udara seperti saringan udara dan throttle body juga berperan pada timbulnya gejala-gejala mberebet pada mobil. Jika bagian tersebut mengalami gangguan tentunya pencampuran udara dengan bahan bakar menjadi tidak sempurna.

 

Cara mengatasi mobil ndut-ndutan:

Untuk mengatasi gejala-gejala di atas, yaitu perlu dilakukan tune up kendaraan di tempat service mobil/bengkel mobil. Namun, jika pada penanganan tune up masih menimbulkan gejala di atas, maka disarankan kepada tukang service untuk memeriksa bagian-bagian mobil yang menangani pengapian, saluran bbm, dan saluran udara agar semua gejala dapat menghilang selamanya dan kendaraan dapat dikendarai dengan aman dan nyaman kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here