Terkadang pengguna  mobil matic sering mengalami kejadian yakni mobil yang tak bisa di starter atau mati,

Tapi tenang dalam artikel ini kami akan memberikan penyebab kenapa mobil matic tidak bisa di starter dan solusi mengatasinya

Tidak bisa distarter akibat aki soak

 

Tentu tidak jauh-jauh dari aki, coba periksa dulu apakah kabel di terminal aki tidak longgar. Jika longgar segera kencangkan bautnya, tapi hati-hati jangan sampai dol. Jika sudah, coba untuk menstarter mobil lagi. Jika masih tidak hidup, sudah pasti aki mobilnya rusak. Cara satu-satunya ialah dengan menjumper aki dengan aki mobil lain.

Namun menjumper harus ada syaratnya. Soaknya aki terjadi baru sajabukan mobil yang lama tidak dipakai. Karena jika mobil lama tidak dipakai dijumper dengan pesawat ulang-alik pun mobil tidak akan menyala. Cara terbaiknya dengan mengganti aki baru.

 

Tidak bisa distarter akibat mati total

Mati total dimana pada kondisi ini mobil tidak menunjukkan respon apapun saat dilakukan proses starter. Untuk mengatasinya, coba lakukan pemeriksaan seperti berikut

1.Periksa kabel positif dan negatif yang terhubung di aki

Tujuannya untuk memastikan jika kabel aki baik-baik saja, perhatikan juga kepala kabel aki yang terhubung ke terminal aki apakah longgar atau tidak. Tapi sebelumnya, periksa juga tegangan aki untuk memastikan aki tidak soak.

Selanjutnya periksa masing-masing kabel aki untuk memastikan kabel tidak putus dan terhubung ke starter dan ground/body.

 

  1. Periksa sekring

Selanjutnya, coba periksa sekring utama mobil untuk memastikan sekring tidak putus. Sekring utama biasanya ada di kabel positif aki atau di kotak sekring mobil. Jika sekring putus segera ganti.

  1. Periksa relay starter

Lanjut lagi, coba dengan memeriksa relay starter. Letaknya ada di dalam atau di luar sekitar kotak sekring. Relay yang putus juga dapat menjadi penyebab mobil tidak dapat distarter. Untuk memastikannya coba tukar dengan relay yang spesifikasinya sama. Lalu start,jJika tidak terjadi apa-apa, lanjut ke langkah berikutnya.

 

  1. Periksa kabel switch dinamo starter

Kabel ini hanya ada satu yang menuju ke dinamo starter. Caranya starter mobil dan gesek ujung kabelnya ke ground massa/body. Jika terjadi percikan api berarti ada yang salah dengan starter, jika tidak ada percikan api, coba cek lagi kabel-kabel sistem starter.

Solusinya :

Jika dinamo starter rusak, bawa mobil, buka dinamo starter atau panggil mekanik yang berpengalaman di starter

Jika tidak paham bagaimana sistem starter, lebih baik langsung panggil mekanik terpercaya

Jika aki hanya soak, coba untuk menjumpernya dengan mobil lain, jika mobil tidak kunjung menyala, ganti aki baru

Jika sekring, kabel dan relay starter putus, ganti dengan yang baru dan sesuai spesifikasinya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here