Masalah mobil tak mau distarter biasanya di alami oleh mobil yang sudah berusia 2-3 tahun. Dan kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyebab mobil tidak bisa distarter. Berikut sedikit ulasannya.

  1. Kelistrikan

Ini adalah salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling sering terjadi kondisi ini bisa dideteksi jika saat anda menstarter mobil anda tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Hal ini ditandai dengan tidak adanya bunyi starter, atau bunyi sangat pelan dan tidak wajar. Jika mobil anda tidak bisa distarter karena masalah kelistrika, biasanya masih bisa dinyalakan dengan didorong. Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil bisa dinyalakan dengan didorong. Untuk masalah kelistrikan anda bisa memeriksanya pada beberapa bagian. Beberapa bagian yang perlu anda periksa adalah :

a. Aki

Aki atau accu adalah sumber utama kelistrikan, saat terjadi permasalahan kelistrikan, bagian utama yang perlu anda curigai adlah aki. Penyebab aki yang tidak berfungsi itu macam macam, namun biasanya karna aki sudah tidak layak pakai, sudah terlalu tua dan kotor.

b. Kabel sikring utama

Setelah anda memeriksa aki namun kinerjanya normal, selanjutnya anda perlu memeriks kabel sikring utama. Umumnya kabel sikring utama didekat aki pada bagia positif. Jika kabel putus, maka hatus diganti dan diperbaiki.

c. Socket dan kunci kontak

Setelah anda memeriksa aki dan kabel sikirng utama, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya anda perlu memeriksa bagian socket dan kunci kontak. Ini bisa menjadi biang utama mobil tidak bisa distarter. Socket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika anda menstarter mobil anda dan tidak ada suara dari dynamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Anda bisa memperbaikinya dengan mengencankan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya

 

Jika memang kerusakan tidak bisa di handle sendiri ada baiknya dibawa kebengkel. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Jika anda memiliki saran, kritik, dan pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here