Pernahkah anda mendengar suara dari mobil anda seperti menggelitik? Biasanya hal ini disebut dengan knocking. Permasalahan pada mesin mobil ini biasanya dikarenakan combustion chamber yang meledak tidak tepat pada waktunya. Sehingga hal ini menyebabkan tekanan yang tidak tepat pada waktunya dan menghasilkan suara menggelitik.

Penyebab Mobil Ngelitik

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bunyi ngelitik pada mesin mobil anda.

  1. Kualitas Bahan Bakar Yang Tidak Baik

Salah satu penyebab utama mobil bunyi ngelitik adalah dari kualitas bahan bakar yang digunakan. Biasanya hal ini terjadi jika anda menggunakan bahan bakar yang kualitasnya dibawah dari oktan standar.

  1. Saringan Bahan Bakar Kotor

Masalah lainnya bisa disebabkan kondisi saringan bahan bakar ataupun pompa bensin yang kotor. Kondisi saringan yang kotor kemudian menyebabkan bahan bakar dapat masuk ke dalam mesin dalam kondisi yang tidak bersih. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan mesin mobil ngelitik dan menganggu ketidaknyamanan dalam berkendara. Selain itu sebagai pemilik mobil, penting untuk mengetahui cara merawat tangki bahan bakar sehingga kondisi bahan bakar tetap terjaga dengan baik dan tidak tercampur dengan zat-zat lainnya.

3. Temperatur Mesin Yang Panas

Kondisi mesin mobil yang panas atau overheating bisa menjadi salah satu penyebab mobilbunyi ngelitik. Yang dimaksud dengan overheating adalah jika mesin mobil mencapai suhu panas diatas rata-rata. Namun saat mesin mobil sudah dingin, biasanya suara mengelitik tersebut akan perlahan menghilang. Cara mengatasi mesin mobil cepat panas biasanya dicari terlebih dahulu penyebabnya, biasanya berasal dari radiator, kipas pendingin, dan lainnya.

4. Tekanan Kompresi Tinggi

Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan tekanan kompresi yang sangat tinggi. Tekanan kompresi yang terlalu tinggi dan tidak sesuai spesifikasi mesin dapat menyebabkan munculnya bunyi ngelitik pada mesin mobil anda. Tekanan kompresi ini kemudian menyebabkan katup-katup tidak dapat terbuka dengan sempurna. Sehingga akhirnya menyebabkan klep berkerak dan lapisan karet kotor. Kondisi inilah yang kemudian memicu bunyi ngelitik yang menganggu saat mobil dikendarai.

5. Lemahnya Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

Kondisi lemahnya sensor MAP juga diduga menjadi penyebab mobil bunyi ngelitik. MAP merupakan sensor yang berfungsi untuk bisa mengatur jumlah udara yang ada di dalam intake manifold. Saat kerja sensor melemah, maka menyebabkan asupan udara yang masuk ke dalam ruang bakar juga menjadi berkurang. Untuk mengatasinya, cukup membawanya ke bengkel khusus yang menangani tentang perbaikan sensor. Hal ini dirasa cukup aman karena membutuhkan tenaga yang ahli untuk memperbaikinya.

6. Pengapian Kurang Sempurna

Pengapian yang kurang sempurna biasanya disebabkan karena kondisi busi yang lemah sehingga hanya bisa menghasilkan api dalam relatif yang kecil. Kondisi ini menyebabkan bahan bakar (bensin) yang disemprotkan oleh injektor menjadi tidak terbakar semua serta menyisakan uap bensin yang kemudian terbakar lagi.

Cara Mengurangi Bunyi Ngelitik

Berikut ini beberapa sensor yang dapat dipasang untuk mengurangi terjadinya ngelitik tersebut.

Knock Sensor, sensor ini dapat ditempatkan pada blog silinder yang mana bekerja untuk mendeteksi jika terjadi piston slap. Informasi yang didapatkan akan diubah dalam bentuk sinyal dan nantinya akan diinformasikan ke komputer. Dari komputer tersebut akan diatur waktu untuk menurukan pengapian secara otomatis ketika muncul bunyi ngelitik.

Oxigen Sensor, sensor ini bekerja untuk mendeteks kadar oksigen yang ada di dalam gas buang. Dipasang pada bagian catalytic converter yang dapat memberikan informasi kepada komputer yang nantinya dapat menentukan waktu pengapian serta volume bahan bakar yang diinjeksikan.

Nah, Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu membawa mobil anda ke bengkel yang anda percayai. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here